News  

Pemilihan Geuchik di Gampong Teungoh B Tanah Luas Berlangsung Sukses dan Damai

Zamanhuri
Masyarakat Gampong Teungoh B, Kecamatan Tanah Luas, memberi hak suara pada Pilchiksung, Senin, (7/8/2023), (Foto: Zamanhuri).

Aceh Utara – Proses Pemilihan Geuchik Langsung (Pilchiksung), di Gampong Teungoh B, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara berlangsung dengan sukses dan penuh antusiasme dari masyarakat setempat, Senin, (7/8/2023)

Pemilihan ini diadakan sebagai momen penting bagi warga Gampong untuk menentukan pemimpin baru yang akan mengawal dan mengembangkan Gampong dalam lima tahun ke depan.

Ketua Panitia Pemilihan Geuchik (P2G), Abdul Manan, menyatakan bahwa proses pemilihan berlangsung dengan tertib dan aman. Pemilihan ini juga diawasi oleh pemantau independen serta melibatkan partisipasi aktif dari warga untuk memastikan kelancaran dan transparansi jalannya pemilihan yang adil.

“Dalam pemilihan kali ini, ada dua kandidat calon Geuchik, yaitu Azhar dan Jamaluddin H, keduanya adalah putra terbaik Gampong,” sebut Abdul Manan.

(foto: Ist)

Plh. Camat Tanah Luas, Bakhtiar, SE, memberikan penilaian positif terhadap pelaksanaan pilchiksung di Gampong Teungoh B. Ia menyatakan bahwa dua kandidat yang telah dipersandingkan berkompetisi secara damai dan tertib, dengan tujuan untuk memilih pemimpin yang akan mengurus dan mengatur manajemen pemerintahan Gampong ke depan.

“Pihak penyelenggara pemilihan, yaitu P2G dan KPPS, telah bekerja secara maksimal untuk memastikan kelancaran proses pemilihan. Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 354 orang,” sebut Bakhtiar.

Ia berharap, siapapun yang terpilih menjadi Geuchik agar dapat mengakomodir segala program nasional, menjalankan keberlangsungan pemerintahan yang adil sejahtera dan bermartabat, baldatun tayyibatun warabbul ghafur dan semoga akan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Dikatakannya, pelaksanaan pemilihan Geuchik pada bulan Agustus ini, tidak hanya dilakukan di Gampong Teungoh B, tetapi juga dilakukan di tiga Gampong lainnya. “Pilchiksung kemarin telah dilakukan di Gampong Rayeuk Kuta, hari ini di Gampong Teungoh B, dan akan dilanjutkan di Gampong Paya pada tanggal 10 Agustus mendatang,” ungkapnya.

Lanjut dia, pihak muspika berharap agar kegiatan ini dapat dilaksanakan sesuai dengan Qanun no 4 tahun 2009, dengan menghindari benturan dengan peraturan yang berlaku. “Kami berharap agar pemilihan tidak terpengaruh oleh politik uang dan tetap berlangsung secara damai dan demokratis,” tutup Bakhtiar.

Hasil akhir pemilihan, kandidat calon nomor urut 1. Azhar, berhasil unggul dengan perolehan suara sebanyak 195 suara, sementara Jamaluddin H mendapatkan suara sebanyak 89.

Pemenang pemilihan ini diharapkan mampu mengakomodir program-program nasional serta menjalankan pemerintahan yang adil dan sejahtera, untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi Gampong Teungoh B.[]

Penulis : Zamanhuri

Ikuti notula.news di Google Berita untuk update informasi lebih mudah dan nyaman. Klik di sini

Jasa Buat Web by Altekno Digital Multimedia