Indeks
News  

Jokowi Kecewa Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20

Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers soal larangan buka puasa bersama untuk kalangan pejabat negara secara daring pada Senin (27/3/2023).

Jakarta – Presiden Joko Widodo telah mengungkapkan rasa kecewa yang sangat besar setelah Indonesia batal sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

“Assalamualaikum, bapak-bapak, ibu-ibu yang saya hormati. Tadi malam saya telah mendapatkan laporan dari Ketua Umum PSSI (Erick Thohir) bahwa FIFA telah membatalkan Piala Dunia U20 di Indonesia,” kata Jokowi dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden pada Kamis (30/3/2023).

Jokowi mengungkapkan rasa prihatinnya bahwa Indonesia telah kehilangan kesempatan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023. Namun, meskipun merasa kecewa, Jokowi tidak ingin terpuruk dalam perasaan tersebut. Ia berharap bahwa masyarakat Indonesia dapat mengambil hikmah dari kejadian ini.

“Tentunya, kita harus menghormati keputusan ini, kita tahu keputusan ini membuat banyak masyarakat kecewa,” kata Jokowi.

“Saya pun sama juga merasakan hal itu kecewa sedih, tapi jangan menghabiskan energi untuk saling menyalahkan satu sama lain,” tambahnya.

“Dan sebagai bangsa besar kita harus melihat ke depan, jangan ke belakang. Jadikan kejadian ini pelajaran berharga untuk kita semua, bagi sepak bola nasional,” ujarnya.

Jokowi memberikan pesan kepada Erick Thohir untuk berusaha keras menghindari sanksi dari FIFA setelah Indonesia memutuskan untuk tidak melanjutkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

“Saya telah meminta Ketua Umum PSSI untuk terus berupaya semaksimal mungkin agar sepak bola Indonesia tak terkena sanksi,” tutur Jokowi.

“Termasuk kesempatan menjadi tuan rumah event-event internasional lainnya,” tambahnya.

FIFA telah mengeluarkan pernyataan resmi tentang penghapusan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023. Keputusan pembatalan ini telah diumumkan melalui situs web resmi FIFA pada Rabu (29/3/2023) malam WIB.

Keputusan tersebut diambil oleh FIFA setelah Presiden FIFA, Gianni Infantino, melakukan pertemuan dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. FIFA akan segera mengumumkan tuan rumah pengganti untuk Piala Dunia U20 2023 secepat mungkin. Indonesia berisiko mendapat sanksi setelah keputusan untuk dicopot sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

Exit mobile version