Porkap FC Melaju ke Perempat Final Usai Menang Lewat Drama Adu Pinalti

Zamanhuri
Laga pertandingan Porkap FC vs Join Pase FC, di lapangan bola kaki Blang Kabu, Kec. Samudera, Senin, (13/3/2023), (Foto: Zamanhuri)

Aceh Utara – Porkap FC, Pusong Kota Lhokseumawe melaju ke perempat final, usai menang lewat drama adu pinalti atas Join Pase FC 4 – 3, pada Turnamen Sepak Bola Samudera Cup II, 2023, di lapangan bola kaki Blang Kabu, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara, Senin, sore, (13/3/2023).

Drama adu pinalti dilakukan setelah Porkap Lhokseumawe bermain imbang 1-1, dalam laga selama 70 menit sebelumnya.

Pada awal permainan babak pertama, Porkap Lhokseumawe yang rata-rata didominasi pemain muda bertalenta, menerapkan skema permainan bola umpan-umpan pendek. Irama permainan yang diperagakan skuat anak pesisir ini sempat merepotkan permainan lawan.

Namun, hingga babak pertama berakhir tidak ada gol yang tercipta. Barisan pertahanan Join Pase mengawal ketat pergerakan penyerang Porkap, Riski Cole, Agus Salim Beler dan Putra.

Peluang gol sempat terjadi pada menit ke 22, bola berawal dari suntikan umpan lambung dari sayap kanan, mengarah tepat kepada Rahmad. Namun, sundulan pemain nomor punggung 9 ini meleset tipis di sebelah kiri tiang gawang yang dikawal Faisal.

Peluang gol kembali tercipta pada menit ke 25, kali ini berawal dari umpan crossing kapten di sebelah sayap kiri. Namun, pemain nomor punggung, 99, Putra, yang berdiri luput dari pengawalan gagal mengeksekusi sundulannya, sehingga bola bebas bergulir keluar lapangan.

Dalam laga babak perdana ini, kesebelasan Join Pase juga tidak tinggal diam, serangan balik yang dilancarkan Ismail dan kawan-kawan sangat berbahaya.

Pada menit ke 10, barisan pertahanan Porkap terpaksa melakukan pelanggaran keras untuk menghalau laju serangan pemain depan Join Pase, persis digaris depan luar kotak terlarang. Akibatnya, wasit Mursal yang memimpin jalan pertandingan, memberi ganjaran kartu kuning kepada palang pintu Porkap, Fadil Samuti.

Terpantau, pada babak pertama, dua peluang tendangan bebas yang berada persis digaris luar kotak terlarang, gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Join Pase. Kedudukan bertahan 0-0 hingga turun minum.

Pemain Porkap FC menggiring bola, coba melewati pemain Join Pase FC, di lapangan bola kaki Blang Kabu, Senin, (13/3/2023), (Foto: Zamanhuri)

Memasuki laga kedua usai turun minum, kesebelasan Join Pase merubah ritme permainan dengan melakukan umpan-umpan panjang dan crossing, skema permainan yang diperagakan oleh tim kesebelasan yang dimanajeri oleh Noval ini, sempat merepotkan pertahanan dari Porkap. Serangan demi serangan digencarkan bertubi tubi, hingga terjadi kemelut di depan gawang.

Di menit ke 42, penjaga gawang Porkap, Danil, terpaksa ditarik keluar dan digantikan dengan kiper cadangan, Owen, disebabkan tidak dapat melanjutkan permainan setelah terjadi benturan keras saat perebutan bola di udara.

Pada menit ke 44, talenta muda Porkap FC, di bawah Manajer H. Fakhri, kembali lagi membangun serangan dari bawah dan mencoba menekan barisan pertahanan Join Pase dari sayap kanan. Serangan tim Porkap kali ini, menghasilkan tendangan bebas dari luar kotak pinalti dan berujung Gol.

Gol perdana ini tercipta pada menit ke 46, lewat tendangan bola pelanggaran yang dieksekusi Rahmad dan menyentuh kepala pemain dari Join Pase, Arief Syukran, kemudian bola masuk ke dalam gawang, skor berubah 1-0 untuk Porkap.

Ketinggalan 0-1, tidak membuat kesebelasan Join Pase patah semangat. Gempuran demi gempuran semakin gigih dilancarkan lewat umpan panjang dan umpan silang dari berbagai sudut. Racikan skema permainan yang diramu Noval ini, membuat barisan pertahanan Porkap sempat kalang kabut.

Gol balasan pun tercipta pada menit ke 62, lewat sundulan kepala Ismail, bersarang di sudut kanan gawang yang dikawal Owen. Kedudukan berubah menjadi 1-1 hingga berakhir pertandingan.

Adu pinalti kemudian digelar untuk menentukan tiket yang masuk ke babak perempat final, melawan King Mantap Legend FC pada partai pertandingan selanjutnya.

Di drama adu pinalti ini, dua eksekutor penendang Join Pase FC, Khadafi dan Misbah gagal melakukan eksekusi, sehingga Porkap FC menang dengan skor 4-3 dan memastikan diri melaju ke babak selanjutnya.

Susunan Pemain.
Porkap FC: Danil, Fadil Samuti, Aladi, Farhan, Revi, Raju, Nanda Sumagung, Rahmad, Rizki Cole, Agus Salim Beler, Putra.
Cadangan: Apa Item, Zikri, Owen, M Haikal, M Razi, Domet.

Join Pase FC: Faisal, Sultan, Ridho, Nuzul, Bombom Maulana, Ikhsan, Arief Syukran, M Ismail, Misbah, Liwa, Khadafi.
Cadangan: Najad, Darman, Tejo, Boihaqi.

Nanti sore, pertandingan partai perempat final, Rhip FC melawan Marahet FC.

Penulis : Zamanhuri

Ikuti notula.news di Google Berita untuk update informasi lebih mudah dan nyaman. Klik di sini

Jasa Buat Web by Altekno Digital Multimedia