Opini  

Mengenal Lebih Dekat Muhammad Daud (MUDA), Sang Penghubung Masyarakat dengan Haji Uma

Zamanhuri

Siapa yang tidak kenal Muhammad Daud, sosok pemain film komedi “Empang Breuh” yang berperan sebagai Toke Arang? Muhammad Daud, atau yang akrab dipanggil MD, lahir di Aceh Utara tahun 1983 dari pasangan Hasballah dan Makaiyah. MD dibesarkan di Gampong Ceubrek Meurah Mulia, Aceh Utara, sebuah gampong di dataran rendah aliran Sungai Krung Pasee dengan 500 penduduk yang menggantungkan hidupnya di lahan pertanian.

Muhammad Daud menempuh pendidikan di SD Negeri Kuta Bate tahun 1995, MTSN 1 Lhokseumawe 1998, SMA Negeri Syamtalira Bayu 2001, dan Akper Abulyatama Banda Aceh lulus pada 2004. Saat ini, MD juga telah menamatkan S2 di Magister Bencana Alam Syiah Kuala.

Pasca Tsunami 2004, MD menjadi relawan pada Rehab Rekon Aceh, terus berupaya membantu sesama di berbagai kegiatan kemanusian. Pada 2009, ia bergabung dengan Pemerintah Aceh di era Irwandi Yusuf dan Muhammad Nazar.

Pada tahun 2014, Muhammad Daud menjadi tim sukses H. Sudirman (Haji Uma) Empang Breuh, melahirkan program-program DPD RI berbasis kerakyatan. Pada pemilu 2019, Haji Uma meraih suara terbanyak dengan 950.000 suara, memperkuat langkah politik Muhammad Daud di tingkat nasional.

Tahun 2018, MD dipercayakan sebagai Sekjen Partai Sira, yang pada pemilu 2019 berhasil mendapatkan satu kursi DPRA dan beberapa kursi DPRK.

Karir politiknya terus bersinar, dan pada pemilu 2024, Muhammad Daud maju sebagai Calon Anggota DPRA dapil 5 Aceh Utara-Lhokseumawe melalui Partai SIRA dengan nomor urut 1.

Dalam tatanan damai, MD menawarkan kepemimpinan yang menghormati nilai-nilai Syariat Islam dan kearifan lokal, memohon doa dan dukungan Rakyat Aceh untuk menuju DPRA.

Ikuti notula.news di Google Berita untuk update informasi lebih mudah dan nyaman. Klik di sini

Jasa Buat Web by Altekno Digital Multimedia