News  

Akibat Tanggul Jebol, Ratusan Hektar Sawah di Kecamatan Lapang Terancam Gagal Panen

Zamanhuri

Lhoksukon – Akibat Jebol tanggul Sungai Krueng Keureutoe di Dusun Tanjong, Gampong Merbo Juroeng, Kecamatan Lapang Aceh Utara, pada Rabu, 22 Desember 2022, sekitar pukul, 01.00, Wib, ratusan hektar sawah masyarakat di empat Gampong terancam gagal panen.

Keempat Gampong tersebut adalah, Lueng Baroe, Merbo Juroeng, Merbo Lama dan Tanjong Dama.

Pantauan media ini, Jumat, (23/12/2022), debit air sungai sudah mulai menurun, namun masih memasuki kawasan permukiman penduduk.

Geuchik Merbo Juroeng, Mundirin, mengatakan, tanggul sungai yang sudah jebol panjangnya mencapai 40 meter, dan yang sudah terkikis diperkirakan lebih dari 100 meter.

“Sebelum tanggul ini jebol, kami telah berusaha memperbaiki secara swadaya dengan mengisi pasir ke dalam karung, membendung dengan tumpukan-tumpukan di atasnya, namun usaha itu tidak membuahkan hasil, karna arus sungai sangat deras.” Sebut Mundirin.

Akibatnya, tambah Mundirin, air sangat cepat memasuki permukiman penduduk, membanjiri rumah-rumah, dan sejumlah lahan pertanian seperti tambak ikan dan sawah.

“Jebolnya tanggul ini telah menyebabkan ratusan hektare sawah usai tanam terancam gagal panen, jika kali ini gagal lagi, ini adalah kali kedua dalam tahun ini.” Ucapnya.

Ia menambahkan, dampak dari banjir susulan kali ini, telah menyebabkan kerugian bagi para petani, ditaksir hingga ratusan juta rupiah.

“Kami berharap kepada Pemerintah supaya tanggul di Merbo Jurong untuk segera diperbaiki, kami khawatir jika tiba-tiba debit air sungai naik lagi, dan dapat mengakibatkan tanggul jebol semakin luas. ” Tutup Geuchik.

Ikuti notula.news di Google Berita untuk update informasi lebih mudah dan nyaman. Klik di sini

Jasa Buat Web by Altekno Digital Multimedia