News  

SDIT Alam Ukhtani Diresmikan: Menyemai Generasi Tangguh dengan Akhlak Mulia

Zamanhuri
Peresmian SDIT Alam Ukhtani, Rabu, (9/8/2023), (Foto: SDIT Alam Ukhtani)

Lhokseumawe – SDIT Alam Ukhtani, sebuah lembaga pendidikan berbasis alam di Kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe, diresmikan, Rabu 9 Agustus 2023, menjadi harapan bagi masyarakat dalam membentuk generasi tangguh berakhlak mulia.

Didirikan pada 01 Januari 2023, sekolah yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini mengusung visi dan misi yang kuat untuk mewujudkan pendidikan Islam yang berfokus pada budaya dan alam.

Pendirian SDIT Alam Ukhtani diprakarsai oleh Cut Rahmawati, S.Pd.I., M.Pd., seorang pendidik yang berkomitmen tinggi terhadap pendidikan. Sebagai alumni Strata 2 dari Universitas Negeri Jakarta, Cut Rahmawati mewujudkan keinginan dan cita-cita luhur dari almarhum T.H Zainal Arifin Ahmad, ketua Yayasan Islam Nurul Ilmi (YAPINI AlIkhwan), serta aspirasi beberapa wali murid dan masyarakat.

Sekolah ini menjunjung tinggi pembelajaran berbasis alam sebagai respons terhadap kepedulian terhadap lingkungan yang semakin memudar. “Alam adalah sarana ibadah kepada Allah SWT,” ujar Cut Rahmawati, menggarisbawahi pentingnya menjaga alam sebagai bagian integral dari pendidikan. Dengan begitu, anak-anak yang belajar di SDIT Alam Ukhtani diharapkan akan tumbuh dengan rasa cinta dan kesadaran terhadap alam.

Berlokasi di Jln. Len Pipa Cot Gapeuh, Lhoh Lambideng, Desa Padang Sakti Kecamatan Muara Satu, SDIT Alam Ukhtani memiliki lingkungan yang subur dan mendukung pembelajaran berbasis alam. Sejauh 300 meter dari Perumahan Taman Sakti Permai (TSP), sekolah ini telah menghadirkan suasana yang cocok bagi anak-anak dalam belajar dan menjalani kegiatan ekstrakurikuler.

Mengusung kurikulum yang mandiri, SDIT Alam Ukhtani memfokuskan pada pengembangan akhlak, logika, kepemimpinan, dan mental bisnis. Para pendidik dan tenaga kependidikan sekolah ini telah memperoleh gelar Strata 1 dan 2, memastikan pendidikan berkualitas untuk para siswa.

Tak hanya pembelajaran akademik, tetapi juga tahsin dan tahfiz Al-Qur’an serta berbagai ekstrakurikuler, seperti silat dan Hadroh/Marawis, menjadi bagian integral dari program pendidikan.

Dengan visi menjadikan generasi tangguh berakhlak mulia, serta misi untuk melahirkan generasi dan pemimpin Muslim berkarakter unggul, SDIT Alam Ukhtani akan mengambil peran penting dalam membentuk masa depan yang lebih baik bagi anak-anak Indonesia.

Kepala SDIT Alam Ukhtani, Sofyan, menyatakan bahwa SDIT Alam Ukhtani merupakan sekolah dasar alam pertama di Kota Lhokseumawe, bahkan saat ini menjadi satu-satunya.

“Dengan komitmen yang teguh terhadap pendidikan berbasis alam dan budaya, sekolah ini berupaya mewujudkan generasi penerus yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki integritas, kepemimpinan, dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar,” ungkap Sofyan.[]

Penulis : Zamanhuri

Ikuti notula.news di Google Berita untuk update informasi lebih mudah dan nyaman. Klik di sini

Jasa Buat Web by Altekno Digital Multimedia