News  

Pj Bupati Aceh Utara, Mahyuzar Resmikan Operasional Mobil Damkar BPBD

Zamanhuri
PJ Bupati Aceh Utara, Mahyuzar saat mencoba mobil pemadam kebakaran BPBD Aceh Utara usai dipeusijuek di halaman kantor BPBP setempa, Senin (31/07/2023). (Foto: Notula/Zamanhuri)

Lhoksukon – Penjabat Bupati Aceh Utara, Dr. Drs. Mahyuzar, MSi, secara resmi meresmikan operasional 1 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) yang dikelola oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Peresmian ini berlangsung pada Senin, 31 Juli 2023, di halaman Kantor BPBD Aceh Utara di Landing Kecamatan Lhoksukon.

Peresmian tersebut diwarnai dengan Prosesi peusijuek (tepung tawar) secara khidmat oleh Tgk HT Zulfadli Ismail (Waled Landeng), pimpinan Dayah Keumaral Al Aziziyah, menjadi sebagai tanda dimulainya operasional.

Pada kesempatan itu juga turut dilakukan peusijuek untuk satu unit mobil pick up L 300 bantuan dari BNPB (Pemerintah Pusat) tahun 2023, serta satu unit mobil doble cabin Toyota Hilux untuk operasional Kepala Pelaksana BPBD Aceh Utara.

(Foto: Notula/ Zamanhuri)

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Utara, Asnawi, ST, MSM, menjelaskan bahwa mobil Damkar ini merupakan hasil pengadaan tahun anggaran 2023 dengan menggunakan dana transfer umum – dana bagi hasil (DBH) Kabupaten Aceh Utara tahun 2023. “Kapasitas mobil Damkar ini adalah 4 ton air, dapat digunakan untuk penyiraman sekitar 20 menit,” ungkapnya.

Dikatakan dia, BPBD Aceh Utara saat ini masih membutuhkan setidaknya dua unit mobil Damkar lagi untuk memaksimalkan operasional di lapangan. Selain itu, sangat dibutuhkan satu unit mobil penyuplai air (mobil tangki) untuk menyokong pemadaman di lapangan.

“InsyaAllah mobil tangki ini akan ada pengadaan juga dalam tahun ini, sesuai dengan usulan kita untuk kebutuhan prioritas.” harapnya.

Usai menyaksikan prosesi peusijuek oleh Waled Landeng, Penjabat Bupati Mahyuzar langsung melakukan test drive (uji kendara) terhadap mobil Damkar tersebut. Mahyuzar juga memastikan semua perangkat dalam mobil, termasuk sirine, AC, lampu, dan mesin pemompa berfungsi dengan baik.

“Dengan adanya bantuan mobil Damkar ini, petugas Damkar akan lebih efisien dalam menangani kebakaran dan insiden bencana lainnya di lapangan,” ungkap Mahyuzar.[]

Ikuti notula.news di Google Berita untuk update informasi lebih mudah dan nyaman. Klik di sini

Jasa Buat Web by Altekno Digital Multimedia