News  

Banjir Kepung 19 Kecamatan di Aceh Utara, Korban Terdampak Capai 21.389 Jiwa

Zamanhuri

Aceh Utara – Hujan deras yang melanda Kabupaten Aceh Utara sejak Jumat 20 Januari 2023 menyebabkan debit air sungai meningkat dan meluap, akibatnya 55 Gampong yang tersebar di 19 Kecamatan terendam banjir, yaitu Kecamatan Lhoksukon, Samudera, Cot Girek, Matangkuli, Syamtalira Aron, Syamtalira Bayu, Banda Baro, Nibong, Nisam, Simpang Keuramat, Langkahan, Tanah Luas, Kuta Makmur, Tanah Pasir, Geureudong Pase, Pirak Timu, Sawang, Dewantara dan Lapang.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara Asnawi, melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Mulyadi, saat diwawancarai awak media, Senin, (23/1/2023), mengatakan, jumlah korban terdampak banjir yang tersebar di seluruh Kabupaten Aceh Utara sebanyak 4.234 KK, atau 21.389 jiwa.

“Hari ini, air ada beberapa titik di Kabupaten Aceh Utara yang tergenang banjir sudah mulai surut sedikit, walaupun demikian kita telah meningkatkan intensitas penjagaan untuk antisipasi bila kemungkinan ada penambahan debit air lagi, atau wilayah yang terkena,” sebut Mulyadi.

Tambahnya, khusus di kawasan Langkahan, informasi terbaru kita dapatkan, kondisi air tadi malam masih seperti kemarin, mungkin sebentar lagi kita akan mendapatkan update, apakah air bertambah atau surut, mudah-mudahan surut agar kita dapat beraktifitas seperti biasa.

“Kemarin tim kita bersama lintas sektor, ada Dinsos TNI, Polri dan Lembaga lainnya sudah ada di sana. Tadi malam juga melakukan evakuasi, bagi korban yang tidak mungkin lagi bertahan di rumah, kita langsung evakuasi ke lokasi yang lebih tinggi,” ucap Mulyadi.

Lanjutnya, menurut informasi tadi siang yang kita input, kemarin di Kecamatan Langkahan sudah ada empat titik pengungsian, jumlah korban yang mengungsi sebanyak 649 KK, atau 2.311 jiwa.

“Kami menghimbau kepada seluruh warga yang berada di daerah aliran sungai, khususnya yang sedang dilanda banjir sekarang ini di beberapa Kecamatan agar selalu siaga dan waspada kepada dirinya dan keluarga” Tutup Mulyadi

Ikuti notula.news di Google Berita untuk update informasi lebih mudah dan nyaman. Klik di sini

Jasa Buat Web by Altekno Digital Multimedia