News  

 KIP Kota Lhokseumawe Tetapkan DPT Sebanyak 135.319 dalam Pikada 202

Affandi Tay

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe telah menggelar rapat pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilihan kepala daerah tahun 2024 pada Kamis, 19 September 2024. Kegiatan ini berlangsung di aula kantor KIP setempat dan dibuka oleh Ketua KIP, Abdul Hakim.

Abdul Hakim menjelaskan bahwa setelah melalui proses panjang sejak diserahkannya daftar penduduk potensial pemilih pemilihan oleh Menteri Dalam Negeri kepada KPU pada 2 Mei lalu, dilanjutkan dengan pencocokan dan penelitian (coklit) pada bulan Juni, daftar pemilih kemudian disusun menjadi daftar pemilih hasil pemutakhiran.

“Proses selanjutnya adalah menetapkan daftar pemilih sementara (DPS). Setelah masa tanggapan masyarakat selesai, kami kembali menyusun DPS hasil perbaikan (DPSHP) di tingkat gampong dan kecamatan. DPSHP ini kemudian kami sinkronisasi kembali, sehingga terbentuk Daftar Pemilih Tetap atau DPT,” ungkap Abdul Hakim.

Abdul Hakim menambahkan bahwa DPT menjadi acuan penting bagi KIP Kota Lhokseumawe dalam mempersiapkan logistik pemilihan. “DPT ini menjadi pedoman bagi kami untuk menyiapkan seluruh perlengkapan dan kebutuhan lain yang diperlukan pada hari pemungutan dan penghitungan suara nanti,” katanya.

Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KIP Kota Lhokseumawe, Zainal Bakri, menyebutkan bahwa jumlah DPT untuk Pilkada 2024 di Kota Lhokseumawe mencapai 135.319 pemilih. Dari jumlah tersebut, sebanyak 65.602 merupakan pemilih laki-laki dan 69.717 pemilih perempuan.

“Untuk pemilihan kepala daerah kali ini, kami memiliki satu TPS lokasi khusus yang berada di Lapas Kelas II/A Kota Lhokseumawe, yang terletak di Gampong Jawa Lama, Kecamatan Banda Sakti. Di sana, terdapat 510 pemilih, terdiri dari 500 pemilih laki-laki dan 10 pemilih perempuan. Pemilih di Lapas ini sudah termasuk dalam total jumlah DPT yang kami sampaikan sebelumnya,” ujar Zainal.

Selain itu, jumlah total tempat pemungutan suara (TPS) mencapai 263, yang terdiri dari 262 TPS reguler yang tersebar di 68 gampong dalam empat kecamatan, dan satu TPS lokasi khusus di Lapas Kelas II/A Kota Lhokseumawe.

Jumlah DPT untuk Pilkada 2024 ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan jumlah DPT pada pemilihan legislatif dan presiden sebelumnya, yang tercatat sebanyak 133.574 pemilih.

Rapat pleno penetapan DPT KIP Kota Lhokseumawe ini dihadiri oleh perwakilan dari Forkopimda, Kesbangpol, Lapas, serta Ketua dan anggota Panwaslih Kota Lhokseumawe.

 

Ikuti notula.news di Google Berita untuk update informasi lebih mudah dan nyaman. Klik di sini

Jasa Buat Web by Altekno Digital Multimedia