News  

FIKTI UMMAH Tingkatkan Kualitas Riset, Jalin Kerja Sama dengan KUIPs Malaysia

Riza

Malaysia – Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FIKTI) Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh (UMMAH) resmi menjalin kerja sama dengan Faculty of Business and Science Management, Kolej Universiti Islam Perlis (KUIPs). Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan MoU, MoA, dan IA untuk Program Studi Teknologi Informasi (TI) FIKTI dan Program Studi Computer Engineering KUIPs.

“Kerja sama ini merupakan realisasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, mencakup bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” ujar Dekan FIKTI UMMAH, Zulaida Rahmi, S.Kom., M.Sc., kepada wartawan, Rabu (4/9/2024).

Zulaida menjelaskan, Program Studi Computer Engineering KUIPs sangat sejalan dengan Program Studi S1 Teknologi Informasi UMMAH, yang akan mengimplementasikan mata kuliah pilihan Technopreneur sebagai bagian dari Program Merdeka Belajar.

“Kami berharap kerja sama ini juga dapat membuka peluang bagi mahasiswa untuk mengikuti program pertukaran pelajar, serta dosen dapat berkolaborasi dalam penelitian dan pengabdian masyarakat antara kedua negara,” tambahnya.

Lebih lanjut, Zulaida menegaskan bahwa kerja sama ini tidak hanya akan tertuang di atas kertas, tetapi FIKTI UMMAH akan secara rutin melakukan kolaborasi dengan Faculty of Business and Science Management KUIPs Malaysia, terutama dalam bidang penelitian.

“Saya sangat berharap dosen dan mahasiswa TI dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memperluas wawasan dan berkolaborasi dalam inovasi yang dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya melalui penerapan teknologi digital atau inovasi IT lainnya,” kata Zulaida.

Menurutnya, poin penting dalam kerja sama ini adalah penerapan teknologi berbasis industri, internasionalisasi kegiatan akademik, penerapan project-based learning, program magang, penyerapan alumni ke Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), serta pengelolaan start-up. “Dalam waktu dekat, dosen dan mahasiswa TI UMMAH juga akan mengunjungi KUIPs dalam rangka studi banding,” tutupnya.

Ikuti notula.news di Google Berita untuk update informasi lebih mudah dan nyaman. Klik di sini

Jasa Buat Web by Altekno Digital Multimedia