News  

Kementerian Olahraga dan Disporapar Aceh Utara Survei IPO di Desa Ulee Gunong

Bung TMR

ACEH UTARA – Kementerian Olahraga bekerja sama dengan Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Aceh Utara melakukan survei Indeks Pembangunan Olahraga (IPO) di Desa Ulee Gunong, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, Sabtu (27/7/2024).

Survei ini dilakukan sesuai dengan Keputusan Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Nomor 5.13.5 Tahun 2024 tentang Lokasi Survei Pengukuran Indeks Pembangunan Olahraga Nasional Tahun 2024.

Kadisporapar Aceh Utara, M Nasir menjelaskan, Desa Ulee Gunong telah ditetapkan sebagai lokasi sampling survei IPO tahun 2024. Penetapan ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pedoman Pengukuran Indeks Pembangunan Olahraga Nasional Tahun 2024.

Sementara itu Ketua tim survei, Abdullah didampingi sekretaris tim tersevut, Aiyub mengatakan, parameter pengukuran dilakukan pada sembilan dimensi, yaitu SDM olahraga, ruang terbuka, literasi fisik, partisipasi, kebugaran, perkembangan personal, kesehatan, performa, dan ekonomi.

“IPO merupakan strategi yang esensial dan efektif untuk mengukur dan mengevaluasi keberhasilan Pembangunan Olahraga Nasional. Bagi kami, IPO bermanfaat sebagai landasan pengambilan kebijakan dalam menyusun program kegiatan secara terukur, efisien, dan efektif,” ujar Aiyub yang juga menjabat sebagai Plt. Kabid Olahraga.

Kata diaz pelaksanaan pengambilan data dilakukan oleh petugas lapangan melalui tes MTF, pengukuran tinggi badan, pengukuran berat badan, dan pengisian angket responden. Untuk memenuhi data SDM olahraga dan lapangan terbuka olahraga, bukti dukung sesuai mekanisme panduan IPO 2024 juga dikumpulkan.

“Sebanyak 30 responden ikut hadir yang terdiri dari berbagai kelompok usia, yaitu 10-15 tahun sebanyak 4 orang, 16-30 tahun sebanyak 10 orang, 31-44 tahun sebanyak 10 orang, dan 45-60 tahun sebanyak 6 orang, diberikan biaya transportasi, snack, makan siang, serta piagam,” sebut Aiyub seraya menambahkan, penyerahan ini juga disaksikan oleh Muhammad Ruslan, Kepala Desa Ulee Gunong.[]

Penulis : Jefry Tamara

Ikuti notula.news di Google Berita untuk update informasi lebih mudah dan nyaman. Klik di sini

Jasa Buat Web by Altekno Digital Multimedia