Indeks
News  

Kodim 0103/Aceh Utara Laksanakan Tanam Pohon Menggunakan Metode Seed Ball

ACEH UTARA – Kodim 0103/Aceh Utara melalui seluruh Koramil jajaran secara serentak melaksanakan penanaman pohon dengan metode Seed Ball atau Bola Bibit diwilayah masing masing, Sabtu (15/06/2024).

Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Mahkyar S.T.,M.M.,M.H.I., mengatakan kegiatan penanaman dengan metode seed ball ini dilakukan karena masih adanya lokasi lokasi hutan/lahan diwilayah yang sangat sulit di jangkau untuk dilakukan penanaman pohon seperti biasa.

“Untuk sasaran penanaman pohon dengan mengunakan metode seed ball di hutan atau lahan yang sudah gundul, ektrem, dan sulit terjangkau manusia apabila dilakukan penanaman secara biasa”, ujar Dandim.

“Cara pembuatan Seed Ball ini yakni yang pertama tanah dicampur dengan pupuk kompos kemudian dibuat menyerupai bola-bola kecil yang di dalamnya sudah diisi dengan bibit tanaman keras dan tanaman buah”, terangnya.

Lanjutnya, Letkol Kav Mahkyar juga menyampaikan kegiatan penanaman Seed Ball ini merupakan gagasan dari Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak tentang Program TNI-AD Menyatu Dengan Alam.

“TNI-AD Menyatu Dengan Alam sendiri merupakan salah satu program unggulan KASAD, sebagai upaya dalam mengantisipasi bencana banjir dan tanah longsor serta menggalakkan gerakan pelestarian lingkungan hidup dengan implementasi nyata melalui gerakan penanaman pohon,” ungkap Dandim.

Exit mobile version