News  

Kementan Awasi Ketat Kesehatan dan Ketersediaan Hewan Kurban

Riza

Tangerang – Menyambut Hari Raya Kurban atau Idul Adha 1445 Hijriah, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman (Mentan Amran), memastikan ketersediaan hewan kurban dalam kondisi aman dan mencukupi. Pernyataan ini disampaikan setelah ia mengunjungi lokasi kandang sapi dan pabrik pakan mini milik penggemukan sapi PT. Lembu Setia Abadi Jaya (LSAJ) Farm di Tangerang.

Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH), secara nasional kebutuhan hewan kurban mencapai 1,97 juta ekor, sementara ketersediaannya mencapai 2,06 juta ekor. Dengan demikian, terdapat surplus ketersediaan hewan kurban sebanyak 88 ribu ekor. Berdasarkan data tersebut, Mentan Amran memastikan jumlah ketersediaan hewan kurban, baik sapi, kerbau, kambing, maupun domba, mencukupi kebutuhan nasional dan bahkan surplus.

“Persiapan kurban Insyaallah aman, cukup sampai Idul Adha nanti. Saya sudah menerima laporannya dan jumlahnya sangat cukup,” ungkap Mentan Amran.

Mentan Amran menambahkan bahwa pihaknya aktif memantau ketersediaan hewan kurban di seluruh daerah. Tidak hanya dari segi ketersediaan, dirinya juga memastikan aspek kesehatan hewan kurban. Hal ini juga ditegaskan oleh Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH), Nasrullah, yang menyatakan pihaknya telah mengambil berbagai langkah penting untuk memastikan kelancaran pelaksanaan kurban tahun ini.

“Kami memastikan sertifikat kesehatan ternak yang dilalulintaskan sudah lengkap, memeriksa ear tag untuk menjamin ternak telah teregister, dan kami menugaskan petugas kesehatan hewan di kabupaten/kota untuk melakukan pengecekan rutin di penampungan ternak,” ujar Nasrullah saat mendampingi kunjungan Mentan Amran ke PT. Lembu Setia Abadi Jaya (LSAJ) Farm di Tangerang.

Sebagai informasi, PT. Lembu Setia Abadi Jaya (LSAJ) Farm di Tangerang memiliki luas area 22,5 hektar, kandang sapi, dan pabrik pakan mini berkapasitas 40 ton per hari. Mereka juga merencanakan pembangunan pabrik pupuk, rumah pemotongan hewan (RPH), pabrik bakso, sosis, nugget, meat shop, serta cold storage. Bangunan kandang sapi PT. LSAJ memiliki kapasitas hingga 3.000 ekor dengan rencana perluasan hingga 10.000 ekor.

Editor : pertanian.go.id

Ikuti notula.news di Google Berita untuk update informasi lebih mudah dan nyaman. Klik di sini

Jasa Buat Web by Altekno Digital Multimedia