Indeks
News  

Dalam Rangka HLUN, Kemensos Serahkan Bantuan Sosial Senilai Rp. 2,6 Miliar di Kecamatan Meurah Mulia

Foto: Ist

Meurah Mulia – Dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28, Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Sentra Terpadu Inten Soeweno dan Pusat Pendidikan, Pelatihan, dan Pengembangan Profesi (Pusdiklatbangprof) menyalurkan bantuan dengan total nilai sebesar Rp. 2.636.042.550 kepada 653 lansia di Kecamatan Meurah Mulia, Kabupaten Aceh Utara.

Kemensos, melalui Sentra Terpadu Inten Soeweno, pada Rabu, (29/5/2024), menjelaskan bahwa bantuan tersebut mencakup kebutuhan dasar berupa nutrisi, bantuan sandang berupa perlengkapan sarana kamar, perlengkapan rumah tangga, perlengkapan ibadah, bantuan aksesibilitas, bantuan kewirausahaan, dan rumah sejahtera terpadu.

Untuk memenuhi hak-hak lansia, Kementerian Sosial juga mengadakan serangkaian kegiatan seperti Bakti Sosial Pelayanan Kesehatan, yang meliputi operasi katarak gratis, pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan mata, pemeriksaan sendi, dan terapi kesehatan.

Selain itu, pemenuhan hak sipil bagi lansia dilakukan dengan menyediakan layanan seperti isbat nikah, pembuatan akta nikah lansia, dan pembuatan KTP/KK lansia. Kegiatan bakti sosial lainnya meliputi perbaikan rumah lansia dan penyaluran bantuan aksesibilitas seperti kursi roda, tongkat, walker, kacamata, dan Alat Bantu Dengar (ABD).

Puncak acara HLUN 2024 di Kecamatan Meurah Mulia dihadiri oleh perwakilan Sentra Terpadu Inten Soeweno, Kepala Pusdiklatbangprof, Camat Meurah Mulia, Kepala Puskesmas Meurah Mulia, Kapolsek, dan Danramil Meurah Mulia.

Dalam sambutannya, Camat Meurah Mulia, Andree Prayuda, mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Kementerian Sosial kepada lansia di Kecamatan Meurah Mulia. “Bantuan ini harus disyukuri karena bantuan di Meurah Mulia adalah yang paling besar di antara semua kecamatan di Kabupaten Aceh Utara,” kata Andree.

Pada puncak acara ini juga diadakan pemeriksaan kesehatan gratis berupa cek tekanan darah, cek kolesterol, asam urat, dan gula bagi lansia di Kecamatan Meurah Mulia.

Exit mobile version