Indeks
News  

Kementerian Sosial Serahkan Bantuan kepada Lansia di Meurah Mulia

Rangga Wicaksana, Humas Sentra Terpadu Inten Soeweno Kementerian Sosial Republik Indonesia, saat penyaluran bantuan di Gampong Mns Mesjid Kecamatan Meurah Mulia, Senin (27/5/2024), (Foto: Notula/ Zamanhuri)

Aceh Utara – Kementerian Sosial Republik Indonesia menyerahkan bantuan kepada lansia dalam rangka peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2024 di Kecamatan Meurah Mulia.

Rangga Wicaksana, Humas Sentra Terpadu Inten Soeweno Kementerian Sosial Republik Indonesia, saat penyaluran bantuan di Gampong Mns Mesjid Kecamatan Meurah Mulia, Senin (27/5/2024), mengatakan, total bantuan yang diserahkan di Kecamatan Meurah Mulia sebanyak 589 bantuan.

“Kami menyerahkan bantuan kepada 89 lansia di sini. Bantuan ini merupakan bagian dari total 589 bantuan yang diberikan di seluruh Kecamatan Meurah Mulia. Bantuan yang kami serahkan hari ini berupa nutrisi, kebutuhan kamar, kebutuhan dapur, serta alat bantu untuk para lansia,” ungkapnya.

Aniah, (80), warga Gampong Mns Mesjid Kecamatan Meurah Mulia, menerima bantuan sosial dari Kemensos, Senin (27/5/2024), (Foto: Notula/ Zamanhuri)

Dia mengatakan, proses pemberian bantuan ini diawali dengan assessment yang dilakukan oleh tim dan data yang dikumpulkan dari operator desa. Data tersebut kemudian dikirimkan ke TKS Kementerian Sosial. Setelah itu, dilakukan rapat untuk memutuskan jenis bantuan yang akan diberikan kepada para lansia, disesuaikan dengan kebutuhan dasar masing-masing penerima.

“Untuk acara puncak nanti tanggal 29 Mei, serentak di 27 kecamatan yang ada di Aceh Utara, pusatnya ada di kantor Bupati Aceh Utara. Di sana nanti ada Menteri Sosial, Tri Rismaharani. Kita di 27 kecamatan mengikuti secara virtual melalui Zoom,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pada hari puncak, akan ada kegiatan bagi lansia di kecamatan seperti pemeriksaan kesehatan, penyerahan bantuan secara simbolis, dan operasi katarak di Rumah Sakit Cut Meutia.

“Di Kecamatan Meurah Mulia ada 9 lansia yang sudah lolos screening. Nanti pada tanggal 28 akan melakukan operasi katarak di Rumah Sakit Cut Meutia,” pungkasnya.

Penulis : Zamanhuri
Exit mobile version