News  

Antisipasi Penyalahgunaan Pupuk Subsidi, Babinsa Koramil 15/Mtk Cek Stok di pengecer 

Affandi Tay

ACEH UTARA – Dalam menghadapi musim tanam di wilayah Desa binaan, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 15/Matangkuli Kodim 0103/Aceh Utara Koptu Paimun turun ke wilayah binaan melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) sekaligus cek toko pedagang pupuk Desa Parang Seukuereng, Kecamatan Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (18/05/2024)

Dengan menyambangi warga binaan, Babinsa Koptu Paimun berbincang-bincang dan mengecek stok persediaan pupuk ditoko hingga menanyakan harga pupuk untuk kedepannya.

“Mahksud dan tujuan saya (Babinsa) secara langsung disini untuk melaksanakan pengecekan subsidi pupuk pertanian yang sering digunakan oleh petani,” ujar Babinsa.

“Disini juga untuk mencegah apabila ada oknum-oknum, yang berusaha berbuat curang dengan tindakan penimbunan maupun penyelewengan terhadap pupuk bersubsidi tersebut. Karena dengan adanya pupuk yang sudah tersedia dengan cukup maka masa tanam tidak akan mengalami kesulitan,” imbuh Koptu Paimun.

Babinsa Koptu Paimun berharap dalam penyaluran pupuk terutama pada saat musim tanam harus tepat sasaran kepada petani sesuai alokasi yang sudah terdata sesuai catatan penerima pupuk subsidi.

“Melalui pengecekan ini akan diketahui stok pupuk, racun, dan bibit tanaman yang ada, sehingga dapat diantisipasi dan dipastikan agar petani tidak kesulitan untuk mendapatkan pupuk dan bahan lainnya,” ungkap Babinsa.

Sementara itu ditempat berbeda, Danramil 15/Mtk Lettu Inf M.Ali mengatakan, pemantauan ketersediaan bahan pertanian di wilayah binaan tersebut selalu dilakukan Babinsa untuk mengetahui stok yang ada di kios-kios pertanian dikaitkan dengan alokasi kebutuhan kelompok tani (Poktan) yang ada di wilayah tersebut.

“Terjunnya para Babinsa ini sebagai bagian dari upaya khusus pendampingan ketahanan pangan dalam mendukung dan menyukseskan pencapaian swasembada pangan yang diprogramkan pemerintah,” terang Danramil M.Ali.

Ikuti notula.news di Google Berita untuk update informasi lebih mudah dan nyaman. Klik di sini

Jasa Buat Web by Altekno Digital Multimedia