News  

Menkominfo Tegaskan Komitmen Wujudkan Visi Indonesia Emas 2045

Riza

Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menekankan pentingnya peran Kementerian Kominfo dalam mendukung pencapaian Visi Indonesia Emas 2045 yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. Dalam Rapat Pimpinan Koordinasi Program Prioritas Kementerian Kominfo Tahun Anggaran 2025 yang digelar di Sentul, Bogor, Budi Arie menegaskan bahwa setiap langkah yang diambil kementeriannya harus sejalan dengan visi tersebut.

 

“Presiden Joko Widodo telah memberikan teladan untuk berpikir visioner dengan mencanangkan Visi Indonesia Emas 2045. Kementerian Kominfo harus memberikan perhatian penuh dalam mewujudkan visi ini,” ujar Budi Arie.

Sebagai bagian dari strategi pembangunan ekosistem digital menuju Indonesia Emas 2045, Kementerian Kominfo telah menerbitkan dokumen Visi Indonesia Digital (VID) 2045. Dokumen ini akan menjadi panduan utama dalam perencanaan nasional dua dekade ke depan. Menkominfo menegaskan bahwa dokumen tersebut harus diimplementasikan secara nyata dan bukan sekadar slogan.

“Kita pastikan semua program dan kegiatan diarahkan untuk mencapai visi tersebut. Tiap langkah yang kita ambil harus berkontribusi pada pencapaian visi besar ini,” tegas Budi Arie.

Menteri Budi Arie juga menyoroti momentum Peringatan ke-79 Hari Kebangkitan Nasional sebagai pengingat pentingnya Visi Indonesia Emas 2045. Ia membandingkan kebangkitan pertama pada tahun 1908 yang dipelopori oleh Budi Utomo dengan kebangkitan kedua yang ditujukan untuk mencapai Indonesia Emas 2045.

“Ini adalah cita-cita kita semua, bukan hanya untuk kita tapi juga untuk generasi penerus. Ini tugas kita semua,” tandasnya.

Lebih lanjut, Menkominfo mengingatkan seluruh jajaran Kementerian Kominfo untuk memastikan program dan kegiatan yang dijalankan realistis, feasible, dan accountable. Ia menekankan pentingnya mempertimbangkan berbagai sumber daya yang ada agar tidak ada program yang mangkrak.

“Jangan sampai kita merencanakan yang muluk-muluk tapi tidak realistis dan tidak bisa dieksekusi. Saya yakin, tidak ada yang mangkrak di kementerian kita ini,” ungkapnya.

Menkominfo juga mengapresiasi optimisme dan semangat yang ditunjukkan oleh jajaran pimpinan Kementerian Kominfo dalam mencapai program dan kegiatan prioritas tahun anggaran 2025.

“Saya merasa ada optimisme dan semangat di Kominfo. Saya yakin kita bisa dan saya berharap Program Prioritas Kemenkominfo TA 2025 bisa dirumuskan dengan baik dan dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Rapat Koordinasi Program Prioritas Kemenkominfo TA 2025 ini dipimpin langsung oleh Menkominfo Budi Arie Setiadi dan Wamenkominfo Nezar Patria serta dihadiri oleh seluruh Pejabat Tinggi Madya dan Pejabat Tinggi Pratama Kementerian Kominfo.

Ikuti notula.news di Google Berita untuk update informasi lebih mudah dan nyaman. Klik di sini

Jasa Buat Web by Altekno Digital Multimedia