News  

Bang Azhari dan Bunda Er Maju Pilkada Melalui Jalur Independen, KIP: Hanya Satu Paslon Independen

Riza
Bang Azhari dan Bunda Er
Tim pasangan Calon Walikota Lhokseumawe, Azhari S.T., M.SM. dan Hj. Ermiati Hamidah, S.Sos melakukan pemenuhan syarat calon independen pada Kantor KIP Kota Lhokseumawe, Minggu (24/05/2024). (Foto: Mirza/Notula)

Lhokseumawe – H. Azhari, ST, M.S.M dan Hj. Ermiati Hamidah, S.Sos atau masyarakat Lhokseumawe memanggil mereka dengan sebutan Bang Azhari dan Bunda Er maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 sebagai Calon Walikota dan Wakil Walikota Lhokseumawe melalui jalur independen.

Amatan Notula.news hingga Minggu (12/05/2024) pukul 23.59 wib, hanya pasangan calon tersebut yang menyerahkan berkas dukungan ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe, meskipun terlihat ada pasangan lain yaitu Mukhlis Azhar dan Lailan Fajri Saidina.

Adapun jadwal pendaftaran bakal calon walikota dan wakil walikota setempat yaitu pada 8-12 Mei 2024. Sehingga, masa pendaftaran tersebut sudah berakhir. Ketua KIP Kota Lhokseumawe, Abdul Hakim, SE, M.S.M saat diwawancarai awak media mengatakan, ada dua paslon yang melakukan permohonan akun SILON, yaitu pasangan Azahari – Ermiati dan Mukhlis Azhar Lailan F. Saidina.

“Yang mengajukan telah menyerahkan syarat dukungan, ada satu pasangan, yaitu Azhari dan Ermiati. Sedangkan melaui SILON, ada dua yaitu pasangan Azhari – Ermiti dan Lailan F. Saidina,” jelas Abdul Hakim.

Baca juga :   Sayuti Abubakar Daftar Bakal Calon Walikota Lhokseumawe Ke Partai Aceh

Ia menyebut, berkas dukungan yang telah diterima akan diverifikasi faktual sebagai tahap lanjutan. “Verifikasi di lapangan akan dilakukan oleh PPS,” sebutnya.

Pada tahap selanjutnya, tambahnya, juga masih ada tahap perbaikan tahap pertama dan tahap kedua. “Jika telah dilakukan verifikasi faktual hingga tahap kedua namun data belum lengkap yaitu minimal dukungan 3 persen, maka paslon tersebut dinyatakan tidak dapat menjadi calon walikota dan wakil walikota (jalur independen),” paparnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa sebenarnya ini bukanlah tahap pendaftaran, tetapi tahap pemenuhan syarat. Pendaftaran calon independen juga sama seperti melalui jalur partai politik.

“Kalau melalui partai politik, itu masih lama tahapnya. Sebenarnya ini bukan daftar, tapi pemenuhan syarat. Kalau syarat sudah memenuhi, ia (yang jalur independen) juga mendaftar sama dengan partai politik yaitu pada 27 Mei 2024,” pungkasnya.

Pasangan Bang Azhari dan Bunda Er mendapatkan 6.003 dukungan dari yang disyaratkan yaitu 5.883. Sehingga pasangan itu melebihi syarat yang diwajibkan. Selain itu, pasangan Bang Azhari dan Bunda Er juga mendapatkan sebaran dukungan dari semua kecamatan yang ada di wilayah Kota Lhokseumawe.

Baca juga :   Sayuti Abubakar Daftar Bakal Calon Walikota Lhokseumawe Ke Partai Aceh

Beberapa tokoh dari berbagai kalangan disebut akan maju dalam Pilkada untuk menduduki pimpinan ex Kota Petro Dolar tersebut, seperti Sayuti Abu Bakar yang diketahui bekerja sebagai pengacara di Jakarta, Zarkasyi yang lebih dikenal sebagai Keuchik Zarkasyi, pengusaha asal Muara Satu, serta Azhari, ST. M.S.M atau lebih dikenal dengan Bang Azhari Vinca Rosea, yang juga merupakan pengusaha sukses dan tokoh politik.

Selain dari nama-nama calon yang secara terang-terangan menyatakan serius mengikuti Pilkada untuk Walikota Lhokseumawe, juga muncul nama-nama lain yang santer, seperti H. Fatani, M. Yasir (politisi PA), dan Azhar Mahmud (Politisi Nasdem), dr. Purnama yang berdomisili di Bireuen.

Dari beberapa calon Walikota Lhokseumawe tersebut, nama H. Azhari ST., M. S.M (Azhari Vinca Rosea) paling santer disebut-sebut serius menuju Pilkada 2024 di Kota Lhokseumawe.

Ikuti notula.news di Google Berita untuk update informasi lebih mudah dan nyaman. Klik di sini

Jasa Buat Web by Altekno Digital Multimedia