News  

Cuaca Panas Terus Melanda Aceh, Timbulkan Kekeringan di Beberapa Wilayah

Zamanhuri
Foto: Ist

Aceh Utara – Cuaca panas yang terus melanda sebagian wilayah Aceh telah menimbulkan masalah kekeringan yang serius di beberapa daerah, seperti yang terjadi di Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe. Kondisi ini telah mengakibatkan kerugian bagi para petani dan warga setempat.

Salah satu petani di Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, M. Nasir, Sabtu, (13/4/2024), mengungkapkan bahwa tanaman padinya yang ada di sawah miliknya telah mengalami kekeringan akibat kurangnya debit air di bendungan setempat. Situasi ini menyebabkan tanaman padi menjadi layu dan tidak berkembang dengan baik, mengancam hasil panen.

Di sisi lain, warga di Kecamatan Meurah Mulia juga menghadapi masalah serupa, di mana air sumur mereka telah mengering akibat cuaca yang panas dan minimnya hujan. Hal ini menyulitkan aktivitas sehari-hari warga, terutama dalam pemenuhan kebutuhan air bersih untuk keperluan rumah tangga.

“Sumur kami sudah kering, tadi kami mengambil air di mesjid untuk kebutuhan, sementara suplai air dari PDAM juga tidak normal, entah kenapa,” ungkap Nurul Gampong Paya Itek.

Kondisi yang sama juga diungkapkan oleh warga Gampong Teugoh, mereka mengaku kesulitan mendapatkan sumber air bersih karena sumur-sumur mereka mulai mengering.

“Debit air dalam sumur saya hanya satu cincin, untuk kebutuhan mandi saja tidak memadai, apalagi mencuci. Kondisinya juga kuning dan keruh,” ujar Nasrullah.

Dia mengaku, untuk memenuhi kebutuhan, dirinya telah menggali lagi sumur di kawasan tanah gambut dekat persawahan. Kata dia, sumur ini dipergunakan saat darurat saja atau untuk kebutuhan ternak.

Warga dari Kota Lhokseumawe juga menyampaikan keluhannya terkait kurangnya curah hujan yang memadai dalam satu bulan terakhir ini. “Hujan gerimis yang sesekali turun tidak mampu mengatasi kekeringan yang mulai mengancam kami. Kita doakan dalam waktu dekat ini hujan datang, sehingga sumur kami terisi dan tumbuhan segar kembali,” harap Mawar.

Prakiraan cuaca oleh BMKG, Minggu, 14 April 2024, untuk Aceh Utara, pagi cerah berawan, siang hujan petir, malam hujan ringan, dini hari cerah berawan. Kota Lhokseumawe, pagi cerah berawan, siang hujan ringan, malam cerah berawan, dini hari cerah berawan.[]

Penulis : Zamanhuri

Ikuti notula.news di Google Berita untuk update informasi lebih mudah dan nyaman. Klik di sini

Jasa Buat Web by Altekno Digital Multimedia