News  

Perguruan Perisai Puteh Atjeh Gelar Acara Kenaikan Tingkat ke – XII 

Avatar

Aceh Besar – Perguruan Perisai Puteh Atjeh sukses menggelar acara kenaikan tingkat ke – XII, kegiatan tersebut berlangsung di Komplek MTsN 4 dan MIN 5 Aceh Besar Sibreh, Kecamatan Suka Makmu, Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (2/3/2024).

Kegiatan kenaikan tingkat yang dilaksanakan sampai 3 Maret 2024 ini juga turut dihadiri Muspika setempat, anggota DPR Aceh dan khususnya kalangan pendekar Aceh ( BUSOE) serta seluruh alumni Perisai Puteh Atjeh & Perisai Puteh Indatu Aceh. Selain itu, juga hadir para wali murid dan sejumlah kepala sekolah.

Pantauan media ini, acara dimaksud berlangsung sangat menarik. Karena, dikemas secara tradisi dan beradab Indatu dengan jumlah peserta lebih kurang 50 Askar dari berbagai cabang dan perwakilan Perisai Puteh Atjeh.

Ketua Dewan Pendekar Atjeh, Taufik Akbar atau lebih dikenal dengan Abu Siwah yang datang langsung dari Lhokseumawe dalam sambutannya mengatakan, Dewan Pendekar Atjeh – Busoe merupakan satu – satunya induk organisasi yang menaungi seluruh jambo silet dan pendekar – pendekar silet asli Atjeh, yang terbagi dalam tiga wilayah kerja. Perisai putih Indatu Atjeh ini berada dalam binaan Busoe wilayah dua Koeta Radja.

“Hal ini sebagai ilustrasi sejarah bahwa satu – satunya daerah yang tidak mampu ditaklukkan Belanda “kaphe penjajah”, karena kegigihan pandekar pejuang Atjeh yang mumpuni akan beladiri silet, intinya Indatu kita melawan penjajah dengan ilmu beladiri silet saja,” pungkasnya.

Secara terpisah, Abu Siwah juga mengajak kepada generasi muda dan seluruh elemen masyarakat Aceh supaya membangkitkan kembali marwah peradaban Indatu dalam kehidupan masyarakat. Sehingga, tidak tergerus oleh perkembangan teknologi dan zaman.

Penulis : Ramazani

Ikuti notula.news di Google Berita untuk update informasi lebih mudah dan nyaman. Klik di sini

Jasa Buat Web by Altekno Digital Multimedia