Indeks
News  

Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Partisipasi, MPD Aceh Utara Laksanakan Pelatihan untuk Komite Sekolah

Pelatihan untuk Komite Sekolah, di Hotel Lido Graha, Rabu, (6/3/2024), (Foto/Notula/ Zamanhuri)

Aceh Utara – Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kabupaten Aceh Utara menyelenggarakan pelatihan manajemen untuk Komite Sekolah dengan tema “Partisipatif dan Peran Komite Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Aceh Utara”.

Acara ini diadakan di Hotel Lido Graha, Rabu, 6 Maret 2024 dan dihadiri oleh sekitar 100 peserta dari sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di wilayah tersebut.

Tampil sebagai pemateri, Dr. Irhamni, Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Utara, dan Drs. Ibrahim Bewa, seorang tokoh pendidikan yang juga mantan Kadis PK Aceh Utara.

Ketua MPD Aceh Utara, Razali, S.Pd, melalui ketua panitia, Hamdani, S.Ag., M.Sos, mengatakan, tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mensinergikan berbagai informasi tentang perkembangan Komite Sekolah di bidang pendidikan serta untuk mencapai kesamaan pandangan atas berbagai kebijakan dan implementasi di Kabupaten Aceh Utara.

“Komite Sekolah memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerah. Dengan melibatkan partisipasi dari berbagai pihak, termasuk orang tua siswa, guru, dan masyarakat, diharapkan dapat tercipta lingkungan pendidikan yang lebih baik dan berkualitas,” ujar Hamdani.

Melalui pelatihan ini, ia mengharapkan, anggota Komite Sekolah dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan manajemen yang diperlukan untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan di Aceh Utara.

“Pelaksanaan pelatihan manajemen hari ini lebih kepada memantapkan pengelolaan manajemen komite sekolah, kegiatan ini berlangsung selama 1 hari, dengan jumlah peserta 100 orang dari SD dan SMP,” ungkapnya.

Hamdani juga menilai kegiatan seperti ini amat penting dilaksanakan setiap enam bulan sekali. “Dengan adanya kesadaran akan pentingnya peran Komite Sekolah, diharapkan akan terjadi peningkatan kolaborasi dan sinergi antara semua pihak terkait dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Aceh Utara. Semoga pelatihan ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi dunia pendidikan,” pungkas Hamdani.[]

Exit mobile version