News  

Gelar Apel Kesiapsiagaan, Dandim 0103/Aceh Utara Tekankan Netralitas TNI Pada Pemilu 2024

Riza
Komandan Kodim 0103/Aceh Utara, Letkol Kav Makhyar S.T., M.M., M.H.I.

Lhokseumawe – Komandan Kodim 0103/Aceh Utara, Letkol Kav Makhyar S.T., M.M., M.H.I., memimpin apel kesiapsiagaan seluruh anggota dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lapangan apel Makodim 0103/Aceh Utara, Jalan Iskandar Muda, Desa Gampong Jawa Lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, pada Selasa (09/01/2024).

Dalam arahannya, Dandim 0103/Aceh Utara menekankan kepada seluruh anggota dan ASN Kodim 0103/Aceh Utara untuk selalu menjunjung tinggi dan menjaga netralitas TNI pada Pemilu 2024 mendatang, sesuai penekanan Panglima TNI kepada seluruh Prajurit TNI.

“Saya menekankan kepada seluruh anggota, khususnya Kodim 0103/Aceh Utara, termasuk saya, untuk menjaga netralitas pada Pemilu 2024 mendatang. Ini harus dipedomani dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dalam pelaksanaan tugas di lapangan,” ucap Dandim.

Letkol Kav Makhyar juga menjelaskan beberapa bentuk netralitas TNI dalam Pileg dan Pilpres sebagai pedoman bagi seluruh personel. Ini melibatkan tidak memihak atau mendukung salah satu Paslon dalam Pilpres maupun Parpol dan Caleg dalam Pileg, tidak memberikan fasilitas milik TNI kepada Paslon, Parpol, atau Caleg tertentu, dan dilarang memberikan arahan untuk memilih salah satu Paslon, Parpol, atau Caleg.

Prajurit juga dilarang memberikan tanggapan, komentar, atau mengunggah informasi terkait dengan Paslon, Parpol, Caleg, atau simbol-simbol yang berkaitan dengan Pileg dan Pilpres.

“Apabila ada Prajurit maupun PNS Kodim 0103/Aceh Utara yang melakukan politik praktis dan terbukti secara hukum, akan ditindak tegas sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di lingkungan militer,” tegas Dandim.

Letkol Kav Makhyar menambahkan bahwa sebagai alat pertahanan negara, TNI harus menjaga independensinya dari politik praktis demi keutuhan dan persatuan bangsa dan negara.

“Mari kita jaga pelaksanaan Pemilu 2024 agar berjalan dengan aman dan damai sesuai aturan,” ajaknya.

Ikuti notula.news di Google Berita untuk update informasi lebih mudah dan nyaman. Klik di sini

Jasa Buat Web by Altekno Digital Multimedia