News  

Warga Dusun Pucuk Rintis Minta Gedung SD Negeri 13 Cot Girek Untuk Direnovasi

Zamanhuri
SDN 13 Cot Girek Aceh Utara, Minggu, (3/12/2023), (Foto: Notula/ Zamanhuri)

Aceh Utara – Warga Dusun Pucuk Rintis Yakin Jaya Kampung Tempel Kecamatan Cot Girek mendesak agar gedung Sekolah Dasar Negeri 13 Cot Girek segera direnovasi. Mereka menyampaikan keprihatinan terhadap kondisi bangunan yang semakin memprihatinkan dan berpotensi membahayakan keselamatan siswa.

Kepala Dusun Pucuk Rintis Yakin Jaya, Untung Wardani, Minggu, 3 Desember 2023, menyatakan bahwa kondisi fisik bangunan sudah sangat mengkhawatirkan. Ia berharap pihak terkait segera mengambil langkah konkret untuk merenovasi 2 kelas gedung sekolah ini agar lingkungan belajar menjadi lebih aman dan nyaman bagi para siswa.

Untung Wirandani, Kadus Yakin Jaya Kampung Tempel, Minggu, (3/12/2023), (Foto: Notula/ Zamanhuri)

“Kondisi fisik sekolah ini sangat memprihatinkan. Kami berharap pihak terkait segera merenovasi gedung sekolah ini karena sudah waktunya direnovasi untuk mencegah potensi bahaya bagi siswa dan guru selama kegiatan mengajar dan mendidik. Jika tidak segera diperbaiki, ada risiko korban tidak disengaja yang dapat terjadi secara lambat-laun,” ujar Untung.

Menurutnya, para orang tua sangat khawatir akan keselamatan anak-anak setiap kali mereka berada di dalam gedung sekolah. Selain itu, renovasi yang cepat juga diperlukan untuk rumah dinas guru agar terciptanya lingkungan belajar yang kondusif. Dia juga menyoroti halaman sekolah yang kerap digenangi air saat turun hujan, sehingga sangat mengganggu aktivitas upacara bendera setiap hari Senin.

Kondisi loteng di salah satu bangunan SDN 13 Cot Girek, Minggu, (3/12/2023), (Foto: Notula/ Zamanhuri)

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara, Jamaluddin, S.Sos., MPD, menjelaskan, bahwa gedung sekolah tersebut telah diusulkan ke pusat untuk direnovasi.

“Semua ruang kelas dan sarana prasarana di satuan pendidikan kita sudah melakukan meping. Semua ruang kelas yang tidak layak telah kita usulkan ke Jakarta melalui sumber dana DAK. Sekolah Dasar SDN 13 Cot Girek adalah sekolah kecil dengan jumlah murid sebanyak 51 orang. Satu unit sudah direhabilitasi, tinggal satu unit lagi yang perlu kita naikkan. Semoga permohonan kita dapat dikabulkan setelah hasil verifikasi,” ungkap Jamaluddin.

Lanjutnya, semua sekolah di Aceh Utara harus masuk dalam perangkingan. Sudah dipetakan, dan semoga sesuai dengan harapan masyarakat. “Kami akan terus memenuhi kebutuhan karena Aceh Utara luas dengan jumlah sekolah sebanyak 366 SD dari Sawang hingga Langkahan. Semua data sudah diajukan ke Kemendikbud untuk mendapatkan bantuan rehabilitasi. Ini bukan rehabilitasi ringan atau sedang, melainkan rehabilitasi berat bahkan dengan peninggian elevasi hingga 60 cm dari pondasi” paparnya.

Kondisi halaman SDN 13 Cot Girek, Minggu, (3/12/2023), (Foto: Notula/ Zamanhuri)

Dia mengatakan, pihaknya sudah berupaya, semoga hasil verifikasi dapat dikabulkan. Ada syarat tertentu dalam penilaian Kemendikbud, salah satunya jumlah murid minimal 60 orang, kecuali di daerah afirmasi yang mungkin dapat dikabulkan di bawah 60 murid.

“Ini merupakan tanggung jawab kita terhadap pemenuhan sarana prasarana di kabupaten Aceh Utara. Kita akan melakukannya secara bertahap, seperti yang sudah dilakukan tahun ini dan akan dilakukan juga tahun depan. Mudah mudahan di tahun depan masuk salah satunya SD 13 Cot Girek di Pucok Alue Rinteh,” harapnya.[]

 

Penulis : Zamanhuri

Ikuti notula.news di Google Berita untuk update informasi lebih mudah dan nyaman. Klik di sini

Jasa Buat Web by Altekno Digital Multimedia