News  

Anies-Cak Imin Nomor 1, Prabowo-Gibran Nomor 2, Ganjar-Mahfud Nomor 3

Riza
Pasangan Capres 2024.
Pasangan Capres 2024.

Jakarta – KPU telah melaksanakan pengundian nomor urut peserta Pilpres 2024. Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) diberikan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapat nomor urut 2, sementara Ganjar Pranowo-Mahfud Md mendapat nomor urut 3.

Proses pengundian nomor urut tersebut berlangsung di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, pada hari Selasa (14/11/2023). Kegiatan tersebut dilakukan dalam rapat pleno terbuka yang dipimpin oleh Ketua KPU, Hasyim Asy’ari.

Acara pengundian nomor urut dihadiri oleh pasangan calon presiden dan wakil presiden, serta pimpinan dan anggota partai politik yang mendukung. Turut hadir juga Bawaslu, DKPP, dan pihak terkait lainnya.

Sebelum pelaksanaan pengundian nomor urut, acara dimulai dengan gala dinner atau makan malam bersama antara KPU dan pasangan calon beserta partai politik pendukung. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pembukaan dan pembacaan tata tertib.

Baca juga :   20+ Ide Slogan Terbaik Untuk Caleg 2024

Proses pengundian nomor urut peserta Pilpres 2024 dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama melibatkan pengambilan antrian untuk pengundian nomor urut, dimulai dari pasangan calon yang mendaftar lebih awal ke KPU.

Setelah antrian nomor urut dibuka, langkah selanjutnya adalah tahap kedua, yaitu pengundian nomor urut. Pasangan calon presiden dan wakil presiden yang mendapat antrian pertama diberikan kesempatan untuk mengambil nomor urut lebih awal.

Pasangan Anies-Cak Imin mendapatkan nomor urut 1, pasangan Prabowo-Gibran nomor urut 2, dan pasangan Ganjar-Mahfud Md nomor urut 3. Nomor urut Pilpres 2024 kemudian ditetapkan oleh KPU.

Setelah itu, pasangan calon presiden dan wakil presiden secara bersamaan membuka undian nomor urut tersebut. Pasangan capres dan cawapres kemudian diberikan kesempatan untuk menyampaikan sambutannya, demikian mengutip Detik.com.

Sumber : Detik.com

Ikuti notula.news di Google Berita untuk update informasi lebih mudah dan nyaman. Klik di sini

Jasa Buat Web by Altekno Digital Multimedia