Indeks

Mahasiswa Universitas Malikussaleh Latih Masyarakat Olah Bayam Menjadi Produk

Produk hasil olahan bayam oleh masyarakat Gampong Paloh Gadeng yang dilatih dan didukung oleh mahasiswa kelompok 14 KKN Tematik Universitas Malikussaleh tahun 2022. (Foto: Affandi Tay)

Lhokseumawe – Pengabdian masyarakat merupakan salah satu bentuk wujud pengamalan nilai – nilai tri dharma perguruan tinggi. Oleh karena itu sebagai mahasiswa, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Kelompok 14 Universitas Malikussaleh (Unimal) melanjutkan program pengabdiannya dengan mengadakan sosialisasi dan pelatihan pengolahan bayam menjadi produk di Gampong Paloh Gadeng. Tujuannya guna mengasah keterampilan masyarakat setempat khususnya ibu rumah tangga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang diwujudkan dalam bentuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Program ini merupakan program lanjutan dari mahasiswa KKN Tematik Kelompok 14 Universitas Malikussaleh yang berdampak untuk meningkatkan Perekonomian Masyarakat dengan mengandalkan produk tanaman kebun yang mudah, praktis dan ekonomis tetapi memiliki daya saing yang tinggi.

“Masyarakat Gampong Paloh Gadeng sangat bersyukur dan bangga kepada mahasiswa akan adanya program dari para mahasiswa ini, karena sebelumnya tidak ada sosialisasi ataupun pelatihan seperti ini yang dilakukan mahasiswa untuk masyarakat di desa Paloh Gadeng ini. Oleh karena itu besar harapan saya untuk mahasiswa dpat melatih dan mensosialisasikan Produk ini kepada masyarkat desa Paloh Gadeng agar masyarakat dpt berperan aktif meningkatkan perekonomian dalam menjadi pelaku UMKM,” ucap Johny A.R., Peutuhapeut Gampong Paloh Gadeng.

Dengan adanya program ini masyarakat diharapkan lebih memiliki minat untuk menjadi pelaku UMKM agar bisa menghadapi resesi yang digadang – gadang akan terjadi di tahun depan, oleh karena permasalahan itu para mahasiswa KKN Tematik Unimal Kelompok 14 berupaya membimbing para masyarakat Gampong Paloh Gadeng. Terkhususnya, para ibu rumah tangga yang tidak memiliki pekerjaan agar bisa melakukan usaha ini yang minim modal, mudah dan praktis.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 14 Universitas Malikussaleh Prof. Dr. Dahlan Abdullah S.T., M.Kom., IPU. ASEAN. Eng., mengatakan bahwa ia senang para mahasiswa memberikan dampak positif yang sangat berpengaruh kepada masyarakat dengan memberikan pelatihan seperti itu. Mulai dari konsep masakan dan konsep pemasaran yang berbeda dari yang biasa, sehingga dapat menarik perhatian masyarakat Gampong Paloh Gadeng menjadi pelaku usaha UMKM dan dapat meningkatkan perekonomian rumah tangga.

Terakhir, Ketua KKN Tematik Kelompok 14 Unimal, Muhammad Reza dalam rilis yang diterima notula.news, Jumat (23/12/2022) mengatakan akan lebih giat memantau dan memberikan dukungan kepada masyarakat.

Mahasiswa Kelompok 14 KKN Tematik Unimal.

“Setelah dilakukannya sosialisasi dan pelatihan ini, kami akan lebih giat lagi memantau para masyarakat yang telah bergerak dalam usaha ini untuk terus memberikan support, dan mengedukasi para masyarakat, sehingga masyarakat khususnya para ibu rumah tangga dapat meningkatkan taraf hidupnya masing-masing,” pungkas Reza.

Editor : Riza Mirza
Exit mobile version