News  

Masyarakat Gampong Cot Dah Gelar Kenduri Tolak Bala Memperkuat Tradisi Leluhur

Zamanhuri
Acara Kenduri Tolak Bala di Gampong Cot Dah Tanah Luas Aceh Utara, Senin, (18/9/2023), (Foto: Notula/ Zamanhuri)

Aceh Utara – Masyarakat Gampong Cot Dah, yang terletak di Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara, berkumpul dalam sebuah acara Kenduri Tolak Bala yang berlangsung pada Senin, 18 September 2023. Acara ini merupakan upaya bersama untuk memohon perlindungan dari segala mara bahaya kepada Allah SWT dan memohon kelancaran rezeki.

Dalam acara ini, Geuchik Gampong Cot Dah, Marzuki, didampingi oleh Imum Gampong, Syahbuddin, serta perangkat Desa, mengungkapkan pentingnya acara Kenduri Tolak Bala yang dilakukan setiap kali usai tanam padi.

“Kami melaksanakan acara Kenduri ini setiap usai tanam padi untuk mendoakan agar dijauhkan dari bala dan penyakit. Kami berharap agar padi yang telah kita tanam ini tumbuh subur dan menghasilkan panen sebagaimana harapan.” ungkap Marzuki.

Pada pelaksanaan Kenduri Tolak Bala kali ini, ada dua agenda yang dilaksanakan. Pertama, pemotongan domba, di mana dagingnya dimasak untuk hidangan kenduri yang dinikmati bersama, sedangkan kulitnya dibagikan kepada warga untuk ditanam di area persawahan.

Acara Kenduri Tolak Bala di Gampong Cot Dah Tanah Luas Aceh Utara, Senin, (18/9/2023), (Foto: Notula/ Zamanhuri)

“Pada acara Kenduri Tolak Bala ini, kita juga membuat woet ie Bu, sebuah bubur beras yang disiapkan oleh para ibu-ibu di Meunasah. Sedangkan kenduri dan doa dilaksanakan di kebun ini yang berdekatan dengan sawah,” ujarnya.

Marzuki menambahkan, acara Kenduri ini merupakan wujud dari swadaya masyarakat dalam melestarikan adat istiadat dan budaya yang telah diwariskan oleh leluhur secara turun temurun. Ia mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana dan seluruh masyarakat Gampong Cot Dah yang telah berpartisipasi penuh sehingga acara ini berjalan dengan sukses.

Tradisi Kenduri Tolak Bala di Gampong Cot Dah tidak hanya menjadi momen berdoa bersama, tetapi juga sebagai bentuk nyata dari kebersamaan dan kecintaan mereka terhadap warisan budaya yang kaya. Semoga tradisi ini terus terjaga dan menjadi inspirasi bagi generasi mendatang.[]

Penulis : Zamanhuri

Ikuti notula.news di Google Berita untuk update informasi lebih mudah dan nyaman. Klik di sini

Jasa Buat Web by Altekno Digital Multimedia