News  

PT PGE Bersama Warga Matangkuli Lakukan Pembersihan Sampah Bawaan Banjir

Zamanhuri

Aceh Utara – PT Pema Global Energi (PGE) Aceh Utara bersatu dengan warga Kecamatan Matangkuli Kabupaten setempat membersihkan sisa sampah yang terbawa oleh banjir yang menumpuk di jembatan Krueng Keureuto Parang Sikureung dan Desa Meuria, Rabu, 06 September 2023.

PT PGE berkontribusi dengan satu unit excavator yang digunakan untuk mengangkat seluruh sampah dari sungai. Sampah-sampah ini kemudian dimuat ke dalam truk dan dibuang di tempat yang aman, sehingga tidak akan terbawa kembali oleh arus banjir.

Geusyik Marwan dari Gampong Baro Matangkuli Aceh Utara mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, terutama kepada PT PGE, Muspika Matangkuli, serta masyarakat Gampong Parang Sikureung dan Gampong Meuria yang bekerja sama dalam membersihkan sampah yang menumpuk di jembatan.

“Dengan adanya bantuan satu beko dari PT PGE, kita masyarakat di Kecamatan Matangkuli sangat terbantu untuk membuang sampah yang tersangkut di jembatan. Sampah yang tersangkut ini dapat menghambat aliran sungai dan menimbulkan kerusakan” ujarnya.

Tumpukan sampah di jembatan sungai Krueng Keureuto Parang Sikureung, Rabu, (6/9/2023), (Foto: Ist)

Banjir ini disebabkan oleh intensitas hujan tinggi yang melanda Aceh Utara dan menyebabkan luapan air dari beberapa DAS, seperti DAS Krueng Pase, Krueng Pirak, Krueng Keureuto, dan Krueng Peutoe.

Ratusan Gampong di delapan Kecamatan terendam banjir yang memaksa 1.672 jiwa atau 528 kepala keluarga diungsikan. Saat ini banjir sudah surut, beberapa warga yang terkena dampak banjir sudah kembali ke rumah mereka setelah tinggal sementara di posko pengungsian. Namun, ada juga warga di beberapa kecamatan yang masih terendam air banjir dengan ketinggian mencapai 60 sentimeter.[]

Ikuti notula.news di Google Berita untuk update informasi lebih mudah dan nyaman. Klik di sini

Jasa Buat Web by Altekno Digital Multimedia