Indeks
News  

Dukung Pertumbuhan UMKM, Syech Fadhil Pesan 100 Tas Hasil Kerajinan di Meuraxa

(Foto: Ist)

BANDA ACEH – Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc MAg, atau akrab disapa Syech Fadhil, mengunjungi ibu-ibu perajin dari berbagai desa di Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh, Jumat, 1 September 2023.

Kedatangan Syech Fadhil ini turut didampingi oleh Fevi Desy Noliza dan Fatimah, dua politisi perempuan dari Partai Nasdem Aceh. Silaturahmi ini berlangsung di salah satu rumah warga di Gampong Baro, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh.

Salah seorang perajin, Afifah, mengatakan keberadaan komunitas ini masih baru. “Baru terbentuk, belum ada nama. Kedepan insya Allah, ini mungkin jadi pekerjaan rumah bagi kami,” ujar ibu-ibu yang akrab disapa Buk Dedek ini.

Meskipun begitu, kata dia, ada banyak kerajinan tangan yang telah dihasilkan oleh para ibu-ibu di Meuraxa tersebut. Mulai dari sarung batal, tas, sarung tangan memasak, alas kaki hingga sarung galon air dan sarung air mineral.

“Semua ini memakai kain sisa, ini hasil tangan ibu-ibu perajin dari berbagai desa di Meuraxa. Di awal kami berkumpul, saya bercita-cita agar ibu-ibu ini bisa menghasilkan uang dari kreativitasnya meski berada di rumah sehingga mampu menopang perekonomian keluarga, yang jadi kendala saat ini adalah pemasarannya,” kata Afifah.

Sementara itu, Fevi Desy Noliza, mengatakan turut mengapresiasi hasil karya ibu-ibu di Meuraxa. Dirinya juga mengaku akan membantu pemasaran hasil kerajinan ibu-ibu ini agar bisa beredar di pasaran. “Saya akan mendampingi,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Syech Fadhil. Sahabat Ustadz Abdul Somad (UAS) di Aceh ini juga turut memesan 100 tas produksi ibu-ibu di Meuraxa untuk dihadiahkan ke ibu-ibu pengajian di Aceh nantinya.

“Kalau kualitasnya bagus, tak tertutup kemungkinan akan saya pesan secara terus menerus untuk saya hadiahkan ke ibu-ibu pengajian di berbagai daerah di Aceh. Dengan syarat, kualitasnya harus dipertahankan,” kata Syech Fadhil.

Sebagai contoh, kata Syech Fadhil, peci alam peudeung yang sering dipakainya juga merupakan produksi UMKM di Aceh.

“Ini saya pakai dan juga saya hadiahkan ke warga. UAS saat di Aceh juga memakai peci ini. Alhamdulillah kini cukup diminati,” ujar senator yang memiliki puluhan anak asuh ini.

Pertemuan ini sendiri berlangsung jelang magrib. Afifah dan ibu-ibu di Meuraxa mengaku akan segera mengerjakan permintaan Syech Fadhil dan selesai tepat waktu.

“Kualitasnya juga akan kami pertahankan. Demikian juga soal merek,” ujar Afifah di akhir pertemuan. []

Exit mobile version