Boeh Sagu: Cemilan Saat Bermain Masa Kecil dengan Segudang Khasiat yang Terlupakan

Zamanhuri
(Foto: Bibitbunga.com

Masa kecil adalah saat-saat indah yang selalu menghadirkan kenangan manis bagi setiap orang. Salah satu kenangan yang tak terlupakan bagi sebagian besar generasi adalah cemilan-cemilan khas masa kecil. Tidak hanya lezat dan menggugah selera, beberapa cemilan ternyata juga memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah “Boeh Sagu,” yang dulunya kerap menjadi favorit anak-anak saat bermain.

Sagu atau yang juga dikenal dengan sebutan Umbi Garut adalah tanaman umbi-umbian dari keluarga Dioscoreaceae. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah tropis dan sering dijadikan sebagai bahan pangan oleh masyarakat Indonesia pada masa paceklik. Bentuknya bulat lonjong dan berwarna putih membuatnya populer di kalangan anak-anak sebagai cemilan saat bermain di sekitar pekarangan atau sawah.

Boeh Sagu (Umbi Garut) memiliki tekstur yang kenyal dan rasa manis alami, yang membuatnya sangat disukai oleh anak-anak. Biasanya, umbi ini diolah dengan cara direbus, dipanggang, atau digoreng, sesuai dengan selera dan tradisi setiap daerah. Ada juga sebagian orang lebih menyukainya dengan taburan kelapa parut atau gula merah, sehingga memberikan sentuhan rasa yang lebih kaya.

Bagi sebagian anak-anak di Aceh era 80-an hingga 90-an, Boeh Sagu dimakan mentah karena rasanya yang manis mirip bengkuang. Tanaman sagu sering kali menjadi incaran mereka di kebun atau lahan kosong yang ditumbuhi spesies ini dan dijadikan cemilan saat bermain.

Selain rasanya yang lezat, tanaman dengan nama latin Maranta arundinacea ini juga mengandung segudang khasiat dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Karena itu, sekitar tahun 80-an hingga 90-an, tanaman ini dibudidayakan oleh masyarakat di pekarangan rumah, disamping tanaman taman herbal lainnya.

Namun, sayangnya, tanaman ini sekarang sudah mulai langka dan dikhawatirkan akan hilang. Oleh karena itu, perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak. Dengan langkah-langkah yang tepat dan upaya kolaboratif, diharapkan tanaman ini dapat tetap menjadi pilihan utama dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Aceh di masa-masa sulit dan juga menjadi cemilan yang menyehatkan.

Mengingat kembali cemilan masa kecil, seperti Boeh Sagu, adalah cara yang menyenangkan untuk mengenang kenangan indah. Jangan lupakan manfaat kesehatannya yang luar biasa, sehingga kita bisa menikmati cemilan ini dengan penuh rasa bahagia dan mendapatkan manfaat sehat yang luar biasa dari masa kecil yang penuh keceriaan.[]

Ikuti notula.news di Google Berita untuk update informasi lebih mudah dan nyaman. Klik di sini

Jasa Buat Web by Altekno Digital Multimedia