Indeks
News  

Angin Puting Beliung Rusak Belasan Rumah Warga di Aceh Utara

Sebuah kubah mesjid rusak akibat angin puting beliung, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, Selasa (18/7/2023). (Foto: Dok. Muspika)

Aceh Utara –  Muspika Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, melaporkan bahwa sebanyak 17 unit rumah warga dan sarana ibadah mengalami kerusakan parah akibat terkena angin puting beliung di kawasan tersebut pada Selasa, (18/7/2023).

Angin puting beliung menyebabkan kerusakan serius pada atap dan dinding bangunan rumah milik warga di dua desa, yaitu Gampong Lhok Reuhat dan Gampong Trieng.

Camat Cot Girek, Kamaruddin KS, S.STP, saat dihubungi media, merinci bahwa di Gampong Trieng, terdapat 13 unit rumah, 1 warung, dan 1 bangunan masjid yang mengalami kerusakan pada bagian kubah. Sedangkan di Gampong Lhok Reuhat, 2 unit rumah mengalami kerusakan.

“Karena kerusakannya cukup parah sehingga tidak bisa ditempati untuk sementara waktu, akibatnya, satu kepala keluarga terpaksa mengungsi ke rumah saudaranya,” ungkap Kamaruddin.

Tidak hanya itu, angin kencang tersebut juga menyebabkan beberapa pohon tumbang.

Kamaruddin menyatakan bahwa beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Meskipun demikian, kerugian harta benda yang sudah dihitung diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Lebih lanjut, Kamaruddin menginformasikan bahwa pihaknya telah melaporkan musibah tersebut kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Utara.

“Kami telah berkomunikasi dengan Dinas Sosial Aceh Utara dan Insya Allah, bantuan akan segera turun untuk meringankan beban warga yang terdampak bencana. Untuk sementara, stok barang yang tersedia dari Lumbung Sosial Kecamatan Cot Girek akan segera disalurkan sebagai bantuan darurat,” pungkas Kamaruddin.

Exit mobile version