Indeks
News  

Tantawi minta Pemerintah Aceh Kembali anggarkan Beasiswa Aceh Carong

Tantawi, Anggota DPRA, (Foto:Ist)

Banda Aceh – Wakil Ketua Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPR Aceh) H. Tantawi S.IP., M.A.P meminta Pemerintah Aceh untuk kembali menganggarkan beasiswa S1, S2 dan S3 bagi putra putri Aceh, hal itu disampaikan tantawi Jum’at (14/07/23)

Kepada media Tantawi menjelaskan bahwa sudah seharusnya pemerintah kembali menganggarkan beasiswa Aceh Carong untuk meningkatkan kapasitas Sumber daya manusia putra – putri Aceh, menurutnya saat ini pemerintah tidak lagi menganggarkan beasiswa aceh carong untuk semua tingkatan baik S1,S2 dan juga S3.

”kita sayangkan tidak ada lagi beasiswa baru di tahun 2023, sedangkan yang sudah berjalan masih berlanjut”, ujar politisi Asal Sawang

Politisi asal Aceh Utara ini memahami kondisi keuangan Aceh saat ini, dengan berkurangnya Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) yang berkurang dari 2% menjadi 1% dari Dana Alokasi Umum (DAU) nasional yang mengakibatkan APBA yang berkurang, namun pendidikan merupakan kebutuhan dasar yang harus menjadi prioritas pemerintah Aceh.

”Jika pada tahun 2022 Aceh mendapatkan Rp 7,560 triliun dana Otsus, maka tahun 2023 aceh hanya mendapatkan 3,9 T, ini salah satu yang mengakibatkan APBA Aceh Berkurang”.

Lebih lanjut Sekretaris Fraksi Demokrat ini meminta pemerintah Aceh kembali menganggarkan Beasiswa untuk Putra-putri Aceh, baik S1, S2 juga S3 baik dalam negeri maupun luar negeri melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh karena menurutnya pendidikan sengat berdampak dalam menyongsong Aceh di masa depan, dan program yang sangat bermanfaat bagi putra – putri aceh.

”Pemerintah sudah seharusnya mendukung pendidikan, salah satunya dengan menganggarkan Beasiswa untuk putra putri Aceh, karena program beasiswa sangat bermanfaat bagi masyarakat,” terang Tantawi.

Lebih lanjut, Tantawi juga menjelaskan saat ini DPR Aceh melalui badan legislasi (Banleg) sedang mengodok Qanun Dana Abadi Pendidikan Aceh, yang angkanya mencapai 1,3 T, yang menjadi solusi untuk tahun – tahun yang akan datang untuk beasiswa Putra – putri Aceh.

”DPR sendiri lagi mengodok Qanun Dana Abadi Pendidikan Aceh, kita berharap nantinya melalui dana ini Putra – Putri Aceh mendapatkan Beasiswa S1,S2 dan S3, baik di dalam maupun di luar negeri,” tutup Tantawi.

Exit mobile version