News  

Expo Samudera 2023 Sebagai Sarana Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Zamanhuri
Dr. Bukhari

Aceh Utara – Pameran atau expo telah terbukti menjadi sarana yang sangat efektif dalam mendukung peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya bagi Kecamatan Samudera. Hal ini dikemukakan oleh Sekretaris Panitia Expo Samudera 2023, Dr. Bukhari, melalui sebuah rilis pers yang diterima notula.news, Kamis, (13/6/2023).

Dikatakannya, acara expo tersebut memiliki potensi besar untuk menjadi agenda tahunan yang mendukung promosi dan pengembangan pasar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah tersebut.

“Produk UMKM 2023 telah banyak memberikan kontribusi positif bagi perekonomian masyarakat Samudera, contoh nyata dari kontribusi positif ini dapat kita lihat dari pameran UMKM Expo 2023, yang akan berlangsung pada tanggal 24 hingga 29 Juli, mendatang, di Gampong Beuringen, Kecamatan Samudera,” ungkap Bukhari.

Menurutnya, melalui momentum ini dapat mempromosikan produk UMKM dan memajukan produk BUMG Gampong. Bukhari menyatakan bahwa jika acara semacam ini dilaksanakan secara berkelanjutan, promosi budaya dan UMKM Expo dapat dipersiapkan dengan matang lagi.

“Expo semacam ini sangat bagus dan positif untuk mempromosikan produk UMKM. Jika acara ini berlanjut, nanti kita dapat mempersiapkannya dengan baik dan mengurasi produk-produknya agar bisa masuk dalam kalender rutin Kabupaten, sehingga acara ini tidak hanya berfungsi sebagai promosi tetapi juga sebagai sarana pengembangan produk UMKM. Harus lebih baik lagi tahun depan.” Ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menekankan pentingnya setiap Gampong menampilkan keunggulan produk UMKM dari BUMG masing-masing. Hal ini menjadi faktor krusial dalam meningkatkan daya saing produk UMKM di setiap Gampong. Ia berpendapat bahwa interaksi ekonomi dalam acara expo semacam ini akan menjadi ruang bagi proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat. Aktivitas ekonomi yang terjadi dalam acara tersebut juga menunjukkan situasi kondusif dalam iklim investasi yang semakin baik, dengan kemudahan dan kepastian berusaha yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan dunia usaha serta kemitraan investasi di kecamatan Samudera.

“Acara ini akan diresmikan oleh PJ Gubernur, dan peserta yang terlibat dalam expo ini meliputi semua Gampong di kecamatan Samudera, pelaku usaha, baik dari Aceh Utara hingga Medan, lembaga sosial, lembaga keuangan, dan lembaga pendidikan. Selain itu, acara ini juga akan menampilkan kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kecamatan Samudera. Bagi masyarakat dari luar Aceh Utara, mereka juga dapat bergabung dan ikut serta dalam mensukseskan kegiatan expo ini.” Papar Bukari.

Dengan digelarnya Pameran/Expo Samudera 2023, diharapkan akan terjadi peningkatan signifikan dalam perekonomian masyarakat setempat. Melalui promosi produk UMKM dan pengembangan potensi ekonomi, expo ini diharapkan mampu memberikan dampak positif yang berkelanjutan dan menjadi wahana bagi pertumbuhan ekonomi yang lebih baik di masa depan. []

Penulis : Zamanhuri

Ikuti notula.news di Google Berita untuk update informasi lebih mudah dan nyaman. Klik di sini

Jasa Buat Web by Altekno Digital Multimedia