News  

Menyebarkan Video Syur Sebabkan Depresi

Riza

Seorang psikolog klinis dan pendiri Pusat Konsultasi Anastasia and Associate, Anastasia Sari Dewi, mengungkapkan keprihatinannya terhadap penyebaran luas video syur oleh netizen. Dia mengatakan bahwa komentar negatif dari netizen dapat berisiko menyebabkan depresi pada orang yang menjadi subjek dalam video tersebut.

“Sayang sekali melihat netizen ikut-ikutan menyebarkan video tersebut, seolah-olah mempermalukan seseorang di depan banyak orang. Terlebih lagi jika disertai dengan komentar-komentar yang menghujat, merendahkan, dan menyudutkan, hal itu tentu saja dapat memiliki dampak psikologis yang serius bagi individu tersebut,” jelasnya seperti dikutip dari detikcom pada Senin (23/5/2023).

Salah satu efek yang patut dikhawatirkan adalah kemungkinan terjadinya intimidasi terhadap orang yang terlibat, bahkan bisa membuat mereka enggan menghadapi lingkungan sekitar setelah menerima hujatan dan kata-kata yang menyakitkan dari pengguna media sosial.

“Hal ini bisa menyebabkan depresi yang signifikan. Terlebih lagi, jika orang tersebut menjadi tidak berani menghadapi dunia atau lingkungan sekitar lagi. Jika situasinya sampai pada titik tersebut, akibatnya bisa sangat fatal bagi kehidupan individu tersebut. Ini adalah situasi yang sangat berbahaya,” lanjut Sari.

Pendapat serupa juga diungkapkan oleh psikolog dari Help Center, Nuzulia Rahma Tristinarum, yang mengingatkan netizen untuk memposisikan diri sebagai orang yang menjadi subjek dalam video tersebut.

Daripada tergoda oleh rasa ingin tahu, lebih baik mempertimbangkan apakah ada manfaat di balik ikut-ikutan meminta tautan video syur tersebut.

“Agar tidak terbawa arus dan langsung meminta tautan video, sebaiknya kita fokus pada diri sendiri. Ajukan pertanyaan pada diri sendiri. Apa yang saya harapkan dari video ini? Apakah ada manfaatnya bagi saya? Apakah sudah terbukti kebenarannya ataukah hanya hoaks?” ujar Nuzulia beberapa waktu lalu.

Viral Video Syur Selebritis

Baru-baru ini, video syur yang melibatkan artis Rebecca Klopper telah menjadi sorotan di media sosial. Hal ini bukan kali pertama muncul isu video syur yang menyeret nama seorang artis. Di platform media sosial, banyak netizen yang saling menyebarkan video tersebut dan tergoda untuk meminta tautan video.

Sumber : Detik.com

Ikuti notula.news di Google Berita untuk update informasi lebih mudah dan nyaman. Klik di sini

Jasa Buat Web by Altekno Digital Multimedia