Indeks
News  

Ulama Besar Al-Azhar Mesir Minta Alumni Timur Tengah Jaga Kekompakan dan Kebersamaan

(Foto:Ist)

Banda Aceh – Ulama Besar Al-Azhar Cairo, Mesir, Prof. DR. Usamah Sayyid Al-Azhari, meminta para alumni timur tengah, terutama lulusan dari Al Azhar, untuk terus menjaga kekompakan dan kebersamaan dimanapun berada.

Ungkapan Ini disampaikan Syekh Usamah di sela-sela serangkaian acara yang dihadirinya di Aceh dalam bahasa arab.

Pada kesempatan itu, Syekh Usamah yang juga merupakan Penasehat Presiden Mesir, mengaku bangga dengan kiprah para alumni Al Azhar yang mulai mengisi berbagai peran penting di Indonesia, salah satunya adalah HM Fadhil Rahmi, Lc. MA yang kini dipercayakan sebagai senator DPD RI asal Aceh, di Senayan Jakarta.

“Semoga Fadhil Rahmi diberi kesehatan. Semoga yang bersangkutan selalu sehat dalam menjalankan amanah,” ujar Syekh Usamah.

Menurut informasi yang diperolehnya, Fadhil Rahmi sedang berada di Mesir dalam rangka mengunjungi mahasiswa Al Azhar asal Aceh di sana.

Kiprah baik tersebut dinilai perlu dipertahankan. Apalagi, Syekh Usamah juga memperoleh informasi kalau yang bersangkutan juga kini menjadi salah seorang kebanggaan Al Azhar di Indonesia dan berkinerja baik.

Syekh Usamah berharap para alumni Al Azhar lainnya di Aceh untuk dapat mengikuti jejak Fadhil Rahmi.

Diketahui, sebelumnya, Ulama Besar Al-Azhar Cairo, Mesir, Prof. DR. Usamah Sayyid Al-Azhari melantik Pengurus IKAT Aceh periode 2023-2026. Pelantikan berlangsung di Aula Lembaga Administrasi Negara (LAN), Banda Aceh, Sabtu 6 Mei 2023.

Dalam kegiatan ini, Teungku Khalid Muddatstsir dipercayakan untuk menahkodai organisasi alumni universitas Timur Tengah itu selama 3 tahun ke depan. Khalid menggantikan Muhammad Fadhilah yang telah berakhir masa jabatannya sebagai Ketua IKAT Aceh periode sebelumnya.

Syekh Usamah yang merupakan Penasehat Presiden Mesir ini juga menyampaikan orasi ilmiah dengan tema ‘Pemahaman Moderasi Beragama Antara Radikal dan Liberal.’

Menariknya, Syekh Usamah melantik ketua dan pengurus IKAT dengan hadits musalsal bil awwaliyah, hadits Nabi yang berkenaan kasih sayang dan biasanya menjadi hadis pertama yang dibaca dalam memulai majlis hadis. Hal ini merupakan permintaan dari Ketua IKAT Aceh.

Syekh Usamah mengatakan, ini pertama kalinya ia membaca hadis musalsal bil awwaliyah dalam pelantikan. Ia menambahkan, ini merupakan sebuah sunnah yang baik yang akan ia teruskan di waktu yang akan datang. []

Exit mobile version