Indeks
News  

PT PIM Lakukan Panen Raya Tanaman Padi Program D’Kompuser di Aceh Utara dan Bireun

Panen raya padi, program D'Kompuser PT PIM, di Gampong Dayah Meunara Aceh Utara, Selasa, (2/5/2023), (Foto: Zamanhuri)

Aceh Utara – PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) lakukan panen raya tanaman padi program D’Kompuser perdana, seluas 50 Hektar di Kabupaten Aceh Utara dan Bireun, Selasa, (2/5/2023). Pada momen tersebut ikut dihadiri oleh Vice President Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), dan Humas PT PIM Zulhadi.

Kepada notula.news, Zulhadi mengatakan, program D’Kompuser berfungsi untuk mengembalikan struktur hara tanah, sehingga untuk penanaman kedepan lebih baik dan lebih bagus, mencapai hasil maksimal sesuai yang diharapkan.

“Di tahun 2023, program D’Komposer ini telah kita laksanakan di Aceh Utara seluas 20 Hektar dan Bireuen 30 Hektar. Khusus di Aceh Utara, hasil panen padi yang berhasil kita dapatkan sebanyak 9,4 ton per Hektar, sedangkan di Bireuen belum diketahui berapa hasilnya,” sebut Zulhadi

Menurutnya, penerapan program D’Kompuser yang dilaksanakan PT PIM bekerjasama dengan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Kuta Makmur, di Desa Dayah Meunara Aceh Utara, terbukti dapat meningkatkan hasil panen petani hingga mencapai 20 persen.

“Sebelum diterapkan program ini, hasil panen yang didapatkan petani sekitar 6,8 ton per hektar, sekarang panen meningkatkan mencapai hingga 9,4 ton per hektar,” kata Zulhadi.

Sambungnya, kedepan program ini terus akan berlanjut dan PT PIM akan selalu memberikan pendampingan kepada para petani, nanti juga akan diiringi dengan sistem pemupukan yang berimbang dan legowo.

Panen raya padi, program D’Kompuser PT PIM, di Desa Dayah Meunara Aceh Utara, Selasa, (2/5/2023), (Foto: Zamanhuri)

Keuchik Gampong Dayah Meunara, Lukman, mengaku setelah diterapkan program D’Komposer, hasil panen petani di Desanya mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Selama pembinaan PT Pupuk Iskandar Muda, mulai dari bajak sawah sampai hingga selesai panen, hari ini ada peningkatan dari pada tahun sebelumnya, dalam satu meter lahan persawahan ada peningkatan hasil panen satu kilogram, tentu kami masyarakat Dayah Meunara sangat berterima kasih kepada PT PIM yang terus mendampingi para petani,” pungkasnya.

Exit mobile version