News  

Tradisi Sedekah Bubur Kanji di Desa Meunasah Masjid Bireuen Saat Ramadhan

Zamanhuri
(Foto: Ist)

BIREUEN – Berbagai tradisi unik berlangsung di Aceh selama bulan suci Ramadan. Salah satunya seperti yang berlangsung di Desa Meunasah Mesjid, Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen.

Warga di sini, ternyata rutin menggelar kenduri bubur kanji setiap harinya pada bulan suci Ramadan.

“Jadi sebelum Ramadhan tiba, warga di sini akan menggelar rapat untuk menetapkan warga-warga yang bertanggungjawab pada kenduri kanji dari satu hingga akhir Ramadan. Mereka yang nantinya, perhari akan bertanggungjawab untuk memasak bubur kanji. Mulai dari beli perlengkapan bumbu hingga memasak,” ujar Rahmad, salah seorang warga setempat.

Hal ini diungkapkan warga saat menyambut kedatangan rombongan Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc MA, termasuk wartawan, yang berkunjung ke desa setempat, Rabu sore 12 April 2023.

Kedatangan Syech Fadhil sendiri dalam rangka memberi motivasi kepada anak-anak yang sedang belajar Alquran di meunasah setempat.

“Setelah ditetapkan nantinya, warga ini membeli bumbu dan memasak kanji sendiri. Bagi yang tidak sempat, ya harus menyewa tukang masak pada hari yang ditentukan,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Imum Masjid setempat, Teungku Bahagia Hadi, menambahkan bahwa bubur kanji tersebut diperuntukan gratis bagi siapapun warga yang ingin mengambilnya sebagai sajian buka puasa.

“Buka cuma untuk warga di sini, tapi juga bagi warga sekitar juga banyak yang datang ke sini untuk mengambil bubur kanji,” kata Teungku Bahagia.

Keuchik Meunasah Mesjid, Nasrul Hidayat, menambahkan bahwa tradisi memasak bubur kanji di desa tersebut sudah diwariskan secara turun temurun.

“Jadi hampir setiap pria dewasa di daerah ini bisa memasak bubur kanji,” katanya.

Syech Fadhil dalam kunjungan tersebut juga mengapresiasi tradisi di Meunasah Masjid Peudada Bireuen.

“Ini perlu dipertahankan. Bagus,” kata dia.

Ikuti notula.news di Google Berita untuk update informasi lebih mudah dan nyaman. Klik di sini

Jasa Buat Web by Altekno Digital Multimedia